Bahaya,Yamaha Bangunkan New R25 Pakai Mesin 2CP!

Diposting pada

motomazine.com – Kabar mengejutkan datang dari kubu Garputala. Setelah sekian lama terdiam, secara mengejutkan, ternyata Yamaha tengah siapkan motor sport kelas 250cc mereka. Yaps, adalah All New R25 MY 2025 yang diperkirakan akan dibekali mesin 2 silinder segaris crossplane. Istilah kerennya kita sebut dengan 2CP. Secepat ini? Akankah nyata?

Kabar ini mmz dapatkan dari blogger kenamaan tanah air, Pak Taufik, TMCBlog. Beliau secara gamblang mendapatkan selentingan kabar bahwasannya Yamaha tengah siapkan YZF-R25 generasi terbaru.

Mesinnya masih mempertahankan konfigurasi 2 silinder segaris dengan pembaruan firingΒ  order 270 derajat atau yang kita sebut dengan crossplane. Model mesin seperti ini sebelumnya sudah nemplok di YZR-M1 mulai dari 2004. Mesin racikan Opa Furusawa yang kemudian disempurnakan lewat tangan dingin Jeremy Burgess dan Valentino Rossi berhasil menjelma jadi mesin pencetak juara MotoGP musim tersebut.

Barulah akhirnya pada tahun 2009 Yamaha membenamkan teknologi ini ke motor sport mereka, YZF-R1. Mesin ini menghasilkan tenaga yang lebih mumpuni di segala rentang. Baik tenaga bawah dan atasnya. Ya meskipun tenaga atasnya tetap kalah dengan mesin jet desmosdromic Ducati. Tetapi setidaknya mesin CP ini sukses membuat Yamaha boyong berkali-kali juara dunia.

Valentino Rossi-Masao Furusawa (bapak M1)

Setelah YZF-R1 Yamaha akhirnya juga membenamkan crossplane crankshaft ini pada MT-series. Sebut saja MT-10, MT-09 dan MT-07. Namun baru-baru ini, si YZF-R7 juga kebagian mesin 2CP senada milik MT-07. Begitupun tanggal 9 Oktober esok, Yamaha juga akan memakaikan mesin CP3 milik MT-09 ke YZF-R9 (new product).

Maka akan sangat terkorelasi jika akhirnya Yamaha juga membuat model mesin 2CP pada YZF-R25 ataupun YZF-R3 (sebagai model global). Gosipnya lagi bodi Yamaha R25 model 2025 nanti akan memakai garis desain sang kakak, Yamaha R7. Wes patut kita tunggu pokoknya. (mmz)

Yamaha YZF-R7

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini