Rossi: Jika Harus Balapan Besok M1 Masih Kalah

Diposting pada 97 views

valentino rossi pitbox sepang 2019 motomazine.com

MOTOMAZINE.COM – Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Valentino Rossi mengatakan jika harus balapan besok maka dapat dipastikan YZR-M1 masih akan kalah. Kekhawatiran Rossi ini jelas sangat beralasan melihat performa Ducati yang luar biasa cepat. Apalagi saat ini Marquez masih dilanda cidera dan belum bisa tampil maksimal.

Di hari ketiga tes Sepang kemarin Rossi berhasil menuntaskan 62 lap dan menjadi pembalap tercepat ke sepuluh dengan selisih waktu mencapai 0,961 detik atas Danilo Petrucci. Yap, dengan Desmosedici GP19 Petrucci dan skuad Borgo Panigale tampil menggila di hari ketiga. Di Sepang kemarin Petrucci dikuntit Bagnaia, Jack Miller dan Dovisiozo.

Melihat performa gila Ducati ini maka sangat wajar jika Rossi mengatakan M1-nya masih kalah kalau harus balapan besok harinya. Yang dimaksud Rossi mungkin Minggu besok itu.

Menurut The Doctor Yamaha M1 masih butuh bererapa perbaikan terutama pada akselerasi dan delivery power. Padahal masalah ini sudah muncul sejak 2018 kemarin.

“Saat pencatatan waktu, Ducati sangat impresif. Dan kami juga tidak memiliki Marquez karena masalah bahunya. Jadi, pada hot lap, kami sedikit kesulitan. Namun dalam hal kecepatan, tampaknya kami sedikit lebih dekat,” terang pembalap 39 tahun itu.

“Namun saya masih cukup khawatir, jika kami balapan besok, saya pikir kami akan kesulitan karena masih ada hal lain untuk ditingkatkan. Namun ini masih tes pertama, jadi tidak terlalu buruk.” 

“Sekarang, 10 hari lagi sebelum tes Qatar, saya tidak merasa akan ada hal baru di sana. Namun, itu adalah trek lain, suhu yang lain, akan menarik untuk dipahami.

“Kami sedikit bekerja untuk meningkatkan sesuatu. Namun, kami masih harus meningkatkan karakter mesin saat akselerasi, di mana kami masih kesulitan. Yang kurang saat ini adalah akselerasi dan penyaluran tenaga, kami harus fokus di sini.” pungkasnya.

valentino rossi sepang motomazine.com

Yap, Yamaha YZR-M1 tunggangan Rossi dan Vinales memang terlihat lebih memiliki aura positif dibanding versi 2018. Ini setidaknya terlihat dari komentar yang diutarakan baik Rossi maupun Vinales yang menyatakan kalau degradasi ban belakang pada M1 sudah lebih berkurang.

Satu-satunya kekurangan pada YZR-M1 adalah masih belum maksimalnya penyaluran tenaga pada roda belakang. Setidaknya ini yang masih dikeluhkan Rossi. Dan semoga di tes Qatar tanggal 23-25 Februari mendatang Takahiro Sumi dan Lin Jarvis sudah menemukan resep terbaik untuk itu. Semoga berguna…. (mmz)  

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Mari berbagi komentar di sini