Berikut Jawaban AHM Kenapa Mesin New CBR150R tak Berubah

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Kemarin hari Selasa (12/1) PT. Astra Honda Motor (AHM) secara resmi telah merilis New Honda CBR150R model 2021 dengan membawa seabreg pembaruan terutama fitur dan tampilan. Yang paling kentara tentu saja hadirnya suspensi depan upside down SFF-BP termasuk body work yang mirip banget sama sang kakak, CBR250RR. Namun begitu, ternyata AHM tak merubah mesin sama sekali. Bahkan power yang keluar dari mesin K56 ini pun masih sama. Untuk ini AHM punya jawaban tersendiri.

Kemarin saat launching All New Honda CBR150R kita para media dan blogger diberikan kesempatan untuk bertanya terkait si CBR150R terbaru ini. Banyak sekali pertanyaan yang diajukan termasuk satu pertanyaan kenapa mesinnya masih sama dengan CBR150R versi 2020.

Mesin New CBR150R masih sama dengan versi sebelumnya

Untuk satu ini AHM memberikan jawabannya yakni ternyata mereka sudah melihat pasar, termasuk kebutuhan biker CBR150R terhadap mesin yang diusung oleh si City Bike ini.

Q :  Apa alasan AHM tetap mempertahankan mesin lama sementara rival sudah bermain di angka 19 PS?

A : Tentunya dalam mengembangkan sebuah prosuk kita berdasarkan pada riset, survey dan konsultasi pada konsumen CBR ini. Dan kita temukan dengan spek dan power yang sekarang konsumen menilai tenaga CBR150R sudah cukup untuk riding harian dan kebutuhan hobi pada segmen ini.

Hmmm… jelas sudah. Patokannya market aka pasar. Saat pasar sudah berbicara, menilai tenaga si CBR150R in cukup dan sudah mampu berikan kepuasan tersendiri, lantas kenapa harus gegabah mengubah mesin agar mampu imbangi kompetitor. Mungkin begitu.. Toh serapan terhadap CBR150R juga masih bagus.

Jadi bocoran yang menyebut Honda CBR150R MY 2021 akan mengusung mesin overbore otomatis termentahkan. Fix, berdasarkan press rilis AHM sendiri, si New CBR150R masih mengusung mesin dengan konfigurasi yang sama, termasuk power maksimal pada angka 17,1 PS @9000 rpm dan torsi puncak di angka 14,4 Nm pada kitiran 7000 rpm.

Mesin New CBR150R MY 2021

Yang membedakan kemudian adalah hadirnya fitur assist and slippery clutch. Nah, ini sebuah langkah cerdas juga menurut mmz. Kenapa, bukannya memberikan mesin yang lebih powerfull, Honda justru fokus pada kenyaman biker saat nyemplak CBR150R. Lihat saja stang yang masih upperyoke, hadirnya suspensi depan upside down dengan Spearated Fork Function- Big Piston (SFF-BP) yang membuat kinerja suspensi kiri dan kanan berbeda serta hadirnya assist and slippery clutch ini. Tujuannya apa? Jelas kenyamanan. Dan rasanya memang inilah approach yang Honda lakukan. Gak melulu harus mengekor ke kompetitor.

Satu pertanyaan menarik selanjutnya pun muncul. Mengenai apakah fitur assist & slippery Clutch bisa dicangkokkan ke CBR150R versi 2020.

Q : Apakah Slipper Clutch bisa diaplikasikan ke CBR150R sebelumnya?

A :  Untuk slipper clutch bisa diaplikasikan di CBR150R versi sebelumnya. Tapi memang hadir perbedaan terkait feeling.

Satu yang perlu digaris bawahi kemudian adalah perbedaan terkait feeling. Mungkin yang Honda maksud adalah perbedaan tingkat smooth tidaknya pengoperasian kopling CBR150R ini. Jadi kalau ganti bak kopling sendiri, walaupun sudah ada slipper clutch tapi gak sehalus kalau bawaan pabrik. Begitu kira-kira.

Tapi apapun itu namanya biker Indonesia tentu tak pernah kekurangan cara untuk melakukan modifikasi agar motornya jauh lebih berperforma.

Termasuk klaim pabrikan yang menyebut suspensi upside down depan tidak bisa plug and play ke CBR150R lama. Untuk satu ini tentu jelas. Sebab clamp outer suspensi USD tentu lebih besar. Namun saat “T” atas bawah diganti supaya suspensi USD bisa nemplok? Terus pabrikan bisa apa? wkwkwk…

Last, itulah beberapa poin penting Q & A yang bisa disimpulkandari kegiatan Zoom Meeting bareng AHM kemarin. Untuk informasi lainnya bisa mmz tambahkan antara lain distribusi New CBR150R yang dikebut mulai pertengahan Januari (akhir Januari sudah ready di dealer) dan termasuk ternyata AHM sadar bahwa Konsumen CBR150R banyak yang memodifikasi motornya ala-ala wajah CBR250RR. Dan itu juga salah satu yang mendorong kenapa AHM menjiplak body work CBR250RR untuk diaplikasikan ke CBR150R versi 2021 ini.

Varian dan Warna All New Honda CBR150R

Untuk varian sekarang, All New Honda CBR150R MY 2021 hadir dalam 2 versi yakni STD dan ABS. All New Honda CBR150R STD hadir dalam Matte Black, Victory Black Red, dan Dominator Matte Black dengan harga mulai Rp 35,9 juta OTR Jakarta.

Sementara All New Honda CBR150R versi ABS hadir dalam dua pilihan warna yakni Victory Black Red dan Dominator Matte Black dengan harga Rp 39,9 juta OTR jakarta.

Selain itu AHM juga tawarkan warna Racing pada All New Honda CBR150R terbarunya. Untuk CBR150R racing red STD dibanderol dengan harga Rp 36,6 juta dan CBR150R Racing Red ABS dihargai pada angka Rp 40,6 juta. Sementara untuk CBR150R livery Repsol MotoGP ABS dibanderol seharga Rp 40,8 juta semuanya OTR Jakarta. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini