Konsumen Pegiat Touring ini Kasih Tips Jaga Keawetan MAXI Yamaha

Diposting pada

Motomazine.com – Memiliki motor MAXI Yamaha masih kurang afdol rasanya kalau belum touring atau melakukan perjalanan jauh. Minimal 5 jam perjalanan lah. Buat sampean yang nyemplak NMAX pasti penasaran banget dong seperti apa berkendara jarak jauh nunggang NMAX. Tapi gak menutup kemungkinan juga penunggang AEROX untuk ikut merasakan perjalanan jauh. Meski secara ergonomi berkendara si AEROX ini tak sesantai NMAX, namun tetap saja AEROX ngasih banyak kemudahan berkendara. Terutama karena menggunakan transmisi otomatis. Jadi tugas rider semakin gampang, Tinggal mikir ngegas sama ngerem saja tanpa harus memikirkan mantan yang sudah berbahagia dengannya.

Nah pada artikel kali ini mmz mau ngasih tips buat sampean semua, bagaimana menjaga durbalitas MAXI Yamaha agar tetap bekerja optimal meski sering dipakai touring. Yang ngasih tips juga gak ecek-ecek loh. Doi adalah penggiat Touring. Saya yang cuma newbie nunggang motor sejauh tempat kerja aja mending nyimak.

Andhika Marwah Ibrahim (27), seorang konsumen All New Aerox 155 Connected ABS yang saat ini tengah berada di Kota Medan, Sumatera Utara, dalam misi perjalanan touring jarak jauh dari Jakarta menuju monumen tugu 0 Kilometer di Kota Sabang, Aceh, membagikan tips perihal cara menjaga performa skutik Maxi Yamaha-nya agar tetap prima dan kuat selama diajak berlari menempuh jarak ribuan kilometer.

“Ini bukan perjalanan jarak jauh pertama saya bersama All New Aerox, sebelumnya saya sudah pernah touring ke Pangandaran, Bromo dan juga Bali dengan motor dari Jakarta. Motor belum ada setahun (dari pertama membeli), tapi kilometer sudah tembus lebih dari 50.000. Dan selama perjalanan touring naik All New Aerox motor tidak pernah sekalipun mengalami maslaah. Tips-nya adalah rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi. Jadi, kalo servis motor itu bukan hanya cuma ganti oli, tapi juga perlu mengecek dan mengganti komponen lainnya sesuai dengan interval yang tertera di buku manual servis,” ungkap pria yang juga merupakan anggota Komunitas Aerox Club Indonesia (ARCI) chapter Jakarta.

Menurut Andhika, selain mengganti oli, ada beberapa komponen penting lainnya yang juga perlu dicek dan mendapatkan perhatian khusus pada saat melakukan servis rutin guna memastikan kondisi performa mesin selalu dalam kondisi prima. Komponen-komponen tersebut merupakan yang bersifat fast moving part.

“Selain oli, perlu juga dicek kondisi kampas rem, jika mengacu ke buku manual servis dari Yamaha itu per 3.000 kilometer. Lalu jangan lupa juga belt CVT per 5.000 kilometer. Ban juga biasanya saya cek baik kondisi fisiknya maupun tekanan angin untuk memastikan cengkraman (traksi) ke aspal tetap gigit. Namun sekali lagi, penggunaan sepeda motor setiap orang itu berbeda-beda jadi terkait intensitas pengecekan ke bengkel juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Kalo saya sebelum touring jarak jauh pasti selalu cek kondisi motor secara total ke bengkel sebelum berangkat dan setelah pulang untuk meminimalisir resiko terjadinya kerusakan,” terangnya,

Andhika juga menyinggung soal keberadaan aplikasi Y-Connect dan My Yamaha Motor yang semakin memudahkan konsumen dalam memantau kondisi sepeda motor serta mendapatkan layanan after sales di delaer resmi Yamaha. Terutama, bagi para penggemar touring seperti dirinya yang kerap melintasi berbagai wilayah.

“Saat ini Yamaha juga sudah punya aplikasi Y-Connect dan My Yamaha Motor, ini juga bagi saya pribadi sangat membantu konsumen yang gemar touring. Karena setidaknya mengurangi rasa kekhawatiran di perjalan. Mau lihat kondisi oli dan aki bisa cek lewat Y-Connect di smartphone. Kalo ada malfungsi juga diberikan notifikasi by email. Dan jika mengaharuskan kita pergi ke bengkel untuk perbaikan, kita bisa lihat lokasi delaer terdekat dan langsung booking jadwalnya untuk servis,” tambah Andhika.

Piye masseeh? berguna banget kan tipsnya??? Makasih loh hamba jadi tahu. Semoga berguna buat pengguna MAXI sejagad tanah nusantara. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

One thought on “Konsumen Pegiat Touring ini Kasih Tips Jaga Keawetan MAXI Yamaha

  1. Ping-balik: Konsumen Pegiat Touring ini Kasih Tips Jaga Keawetan MAXI Yamaha - Jatimotoblog

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini