MotoGP Portimao: Fabio Menang Sekebon atas Zarco, Yamaha kembali Tersenyum!

Diposting pada

Motomazine.com – Race MotoGP Portugal baru saja usai. Race Portimao ini sekaligus menjadi saksi betapa Fabio Quartararo terlalu kuat dan tak mampu dibendung para rivalnya. Yaps, selain finish pertama, Fabio juga membalap sendirian di depan dengan gap yang cukup besar dari Zarco dan Aleix Espargaro di belakangnya.

Lap pertama banyak sekali kejutan terjadi. Selain Joan Mir yang langsung melesat terdepan, hadir juga Alex Rins yang start dari posisi 23 dan langsung merangsek ke posisi 11.

Lap ke empat Fabio Quartararo merangsek maju dan merebut posisi pertama Joan Mir. Pembalap Yamaha ini seperti menemukan ramuan baru untuk YZR-M1 nya..

Di belakang Mir beruturut-turut ada Johann Zarco, Jack Miller dan Alex Marquez di posisi lima. Aleix Espargario yang strat dari posisi tiga harus melorot ke posisi enam.

Lap ke enam Jorge Martin kehilangan kendali atas Ducati nya dan terjatuh hingga tak bisa lanjutkan balapan. Sementara itu posisi Quartararo di depan sudah semakin jauh dengan gap 1,1 detikan atas Mir.

Sejauh ini Marc Marquez masih bercokol di posisi 9 dan berebut posisi dengan rekan setimnya, Pol Espargaro. Hadir juga Enea Bastianini serta Brad Binder yang juga berebut posisi tersebut.

Duo Mooney VR46 yakni Marini dan Bezzecchi keluar dari 10 besar. Marini saat ini ada di posisi 15 di depan rekan VR46 nya, Pecco Bagnaia.

Perebutan posisi justru ramai terjadi untuk posisi 4. Aleix Espargaro, Alex Rins, Alex Marquez dan Oliveira saling overtake perebutkan posisi terbaik.

17 lap jelang finish Johann Zarco makin dekatkan posisinya dengan Mir di tempat kedua. Sementara itu Fabio Quartararo sudah melenggang nyaman sendirian dengan gap mencapai 2 detikan.

16 lap jelang finish si jagoan Ducati Gresini Enea Bastianini kehilangan cengkraman ban depan dan tersungkur ke gravel. Saat ini Fabio yang start dari posisi 5 benar-benar tidak terkejar dengan catatkan gap hingga 2,8 detikan atas Mir di posisi dua.

13 lap jelang finish Pecco Bagnaia sudah naik ke posisi 12 setelah start dari posisi buncit. Posisi terdepan belum berubah. Fabio Quartararo masih memimpin diikuti Mir dan Zarco. Miller sendirian di posisi empat diikuti Aleix Espargaro dan Alex Rins.

10 lap jelang finish Zarco mencoba menyalip Mir namun pembalap Perancis tersebut melebar di tikungan pertama dan kembali disalip oleh Joan.

9 laps jelang finish percobaan menyalip Zarco berhasil. Pembalap juara dunia 2020 tersebut harus lengser ke posisi tiga. Fabio sudah makin tak tersentuh dengan jarak 5 detikan.

Brad Binder bernasib kurang baik karena kecelakaan di turn 11. Bersamaan dengan clashnya Miller yang menyeret Mir. Mereka berdua terlempar di turn 1. Hari yang buruk untuk Ducati dan Suzuki.

Dengan begini Aleix Espargaro naik ke posisi tiga. Kecelakaan yang terjadi antara Mir dan Miller dinyatakan tak akan diinvestigasi karena itu benar-benar kecelakaan dimana Miller kehilangan cengkeraman ban.

5 lap jelang finish dan Aleix Espargaro coba mendekati Zarco. Bagnaia saat ini berada di posisi 9 untuk mengejar Pol Espargaro. Sementara Marquez bersaudara memperebutkan posisi 5.

2 lap tersisa dan Aleix Espargaro makin mendekatkan diri ke Zarco. Pembalap Aprilia ini seperti temukan pace balap untuk membuat timnya kehilangan konsesi.

Namun hingga bendera finish berkibar Johann Zarco tetap mampu pertahankan posisi dua nya dan membendung perlawanan Aleix Espargaro untuk posisi tiga. Selamat untuk Fabio Quartararo yang buktikan kembali taklukkan Portimao. (mmz)

hasil race MotoGP Algarve Portimao

Artikel terkait:

 

 

 

 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini