Tips Merawat Transmisi Manual Sepeda Motor

Diposting pada

Motomazine.com – Penggerak utama sepeda motor bensin adalah mesin, tetapi tugas mesin hanyalah merubah hasil pembakaran menjadi tenaga putar. Selama terjadi pembakaran maka mesin akan terus berputar, jika mesin langsung dihubungkan ke roda penggerak maka sepeda motor akan terus bergerak.

Oleh sebab itu diperlukan suatu sistem untuk mengatur putaran dari mesin ke roda penggerak, sistem tersebut adalah transmisi. Pada transmisi, ada mekanisme perpindahan gigi sehingga terjadi perubahan perbandingan putaran yang menghasilkan momen dan kecepatan sesuai dengan keinginan pengendara dan kondisi jalan.

Seperti yang kita ketahui, ada dua tipe transmisi yang digunakan pada sepeda motor, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis.

Untuk motor dengan transmisi manual terdapat kopling, komponen inilah yang berfungsi sebagai pemutus dan penyambung tenaga atau putaran dari mesin ke transmisi. Kopling juga membantu agar perpindahan gigi menjadi halus, selanjutnya putaran tersebut akan diteruskan ke final gear yang akan menggerakkan roda yang biasanya dihubungkan oleh rantai.

Tips perawatan:

1.Rutin melakukan pergantian oli mesin beserta saringan oli.

2.Gunakan oli mesin sesuai standard yang direkomendasikan oleh pabrikan.

3.Lakukan perawatan pada komponen pemindah daya, seperti:

  • Lakukan penyetelan pada tuas kopling, ganti kampas kopling jika sudah tidak bisa dilakukan penyetelan.
  • Cek kondisi rantai, jika kotor bersihkan dan berikan cairan pelumas rantai.
  • Cek kekencangan rantai, lakukan penyetelan sesuai standard.
  • Cek kondisi final gear, jika mengalami keausan segera ganti, lebih baik lakukanlah pergantian satu set (gear dan rantai).

4.Jika komponen perlu diganti, selalu gunakan spare parts asli pabrikan.

Itulah 4 tips penting merawat transmisi manual pada sepeda motor. Dengan rutin melakukan perawatan secara otomatis sepeda motor kita akan tetap berada pada kondisi optimalnya. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini