Tes Portimao Hari 1: Aprilia makin ‘Drembel’ dengan Sayap!

Diposting pada

Motomazine.com – Mulai kemarin (11/3) tes resmi pramusim MotoGP bertandang ke sirkuit Algarve Portimao Portugal. Tempat race perdana musim 2023 digelar. Semua pabrikan turun dengan pembalap resmi dan beberapa pembalap tes. Termasuk Aprilia yang juga mengusung Lorenzo Savadori. Hal yang menarik kemudian adalah hadirnya update winglet pada tubuh RS-GP versi 2023. Massimo Rivola dan tim kali ini benar-benar tampil habis-habisan sebelum meng-homologasikan paket aero untuk musim 2023. Aprilia RS-GP versi 2023 benar-benar ‘drembel’ dengan sayap. Bahkan saat hari pertama tes kemarin.

Aprilia menjadi salah satu pabrikan yang mengawali perang aero musim 2023 ini. Belum terlihat update aero dari pabrikan lain. Terdeteksi hanya Honda yang pakai air ram baru untuk Marc, dan Yamaha yang menambah winglet di fairing samping untuk Morbidelli. Selebihnya masih sama. KTM dan GASGAS terdeteksi memakai winglet depan yang menonjol sampai ke depan bibir lubang air ram.

Nah untuk Aprilia, Rivola dkk. menghadirkan banyak seklai tambahan aero fairing aka winglet. Kesannya sih nyleneh, cuman saat seorang insinyur berusaha mengejar performa, mau seperti apa bentuk tuh motor nantinya, yawes hajar saja!

Winglet pertama yang hadir adalah winglet yang disatukan dengan fork depan, muncul di depan fairing dan di belakang area roda. Entah keuntungan apa yang ingin dikejar Aprilia. Sepertinya mereka ingin membuat winglet yang bisa bergerak (mengikuti gerak suspensi ke atas dan ke bawah). Sayap mungil ini akan bekerja mengikuti gerakan suspensi saat motor dalam kondisi tegak atau miring.

Sayap selanjutnya hadir di swingarm. Ya, swingarm! Sebelumnya saya pernah membayangkan ini. Swingarm yang ketambahan winglet. Awalnya saya mengira Ducati yang akan memakainya, eh ternyata malah Aprilia.

Sayap selanjutnya adalah sayap ala spoiler F1 yang pernah dipakai Lorenzo Savadori musim lalu. Aprilia sepertinya masih penasaran dengan perangkat pembeban buntut yang satu ini. Dari sini terlihat Aprilia lebih PeDe mengembangkan solusi mereka sendiri daripada ikut latah pakai buntut stegosaurus ala Ducati, Yamaha dan Honda.

So, kita nantikan saja akan seperti apa bentukan Aprilia RS-GP nantinya. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini