MotoGP: Misano Test: Marquez Coba Prototype Honda 2024, Quartararo coba Mesin 2024

Diposting pada

Motomazine.com – Hari ini bertempat di sirkuit Misano San Marino semua pembalap MotoGP mendapat jatah tes resmi untuk persiapkan motor musim 2024. Kesempatan bagus bagi pabrikan Jepang untuk melangkah ke arah yang benar, setelah hingga seri Misano 2023 ini mereka seperti kehilangan arah pengembangan. Hanya berkutat pada otak atik perangkat aerodinamika yang nyatanya tak mampu berikan banyak jawaban atas performa mereka di trek. Untuk tes Misano kali ini dilansir dari GPone, Marc Marquez akan berkesempatan menjajal motor prototype 2024, sementara Fabio Quartararo akan mendapat tes mesin 2024.

Tentu akan sangat menarik melihat jalannya tes Misano hari ini. Kita akan sedikit tahu bagaimana pabrikan mengembangkan motornya untuk hadapi musim 2024. Musim yang tentu saja akan jauh lebih ketat. Pemirsa simak saja sendiri, saat ini jeda waktu 0,5 detik sudah bisa melempar pembalap di posisi 11 atau 12 saat kualifikasi. Ya, memang sekompetitif itu MotoGP era sekarang.

Penampakan awal Honda RC213V di Misano test
pict: TMCBlog

Untuk Marc Marquez, sebelumnya Alberto Puig sudah berikan sedikit clue. Merunut berita yang ditulis TMCBlog, Puig mengatakan mereka akan melakukan perubahan radikal pada Honda RC213V. Sebelumnya, saat race Misano kemarin, Stefan Bradl sudah memperlihatkan Honda yang berbeda dengan apa yang Marc tunggangi. Apakah itu model 2024, atau ada lagi model lainnya, masih belum nampak hingga kita tunggu penampilannya di trek. Sekarang ini Alberto Puig sangat fokus meningkatkan performa Honda Rc213V untuk membuat Marc tetap bertahan. Kabarnya Puig bahkan sudah mengontak banyak insinyur untuk masing-masing divisi, mengembangkan masing-masing part motor untuk membuatnya bekerja lebih optimal.

Sementara di kubu Yamaha, Fabio Quartararo dijadwalkan menjajal mesin versi 2024 hasil kolaborasi dengan Luca Marmorini. Belum jelas apakah Yamaha tetap bertahan dengan mesin inline-4 atau malah berubah radikal beralih ke mesin V4. Sebab saat ini hanya Yamaha lah satu-satunya pabrikan yang kekeuh bertahan dengan mesin inline-4 diantara himpitan mesin-mesin V4 Ducati, KTM, Aprilia, GasGas dan Honda. (mmz)

Fabio Quartararo saat membalap di Misano 2023
Pict: Yamaha Racing

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini