Tips Rawat Aki Classy Yamaha supaya Awet

Diposting pada

Motomazine.com – Merawat motor adalah sebuah keharusan agar performa motor tetap optimal. Banyak bagian yang musti pemirsa perhatikan agar masing-masing piranti tersebut sanggup berikan kinerja terbaiknya, sehingga sepeda motor pun terasa jauh lebih aman dan nyaman. Salah satu piranti pada sepeda motor yang harus diperhatikan adalah aki (baterai). Dewasa ini aki motor berjenis kering yang menurut kebanyakan orang nihil perawatan. Tapi tahukah pemirsa, abai terhadap aki bisa membuat part kelistrikan tersebut gampang tekor. Kalau akinya tekor maka pemirsa sendirilah yang akan repot. Sebab motor-motor era sekarang, apalagi classy Yamaha, sudah tak memakai kick starter lagi. Kalau akinya tekor, ya wassalam.

Lantas seperti apa kiat dan tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga usia baterai tetap panjang? Sebenarnya mudah saja. Tergantung pada seberapa aktif kita menggunakan sepeda motor tersebut.

Melansir dari penurutan Pak Panca, bagian teknisi Yamaha Madiun, beliau berikan kiat supaya baterai sepeda motor terutama Classy Yamaha tetap awet. Pemirsa harus terbiasa mengendarai si Classy Yamaha baik itu Fazzio ataupun Grand Filano untuk jarak yang cukup jauh. Tak lain dan tak bukan hal ini bertujuan untuk melancarkan pengisian aki.

“Saya sudah mengkoordinasikan ke pusat. Sebenarnya gak hanya motor-motor hybrid saja, motor yang lain juga sama karena secara sistem FI sudah menggunakan SMG, dan itu butuh arus besar untuk starting. Ditambah lagi kebutuhab arus listrik untuk sistem FI sekarang lebih  besar dibandingkan model-model yang sebelum bluecore,” tuturnya.

Masih penasaran , mmz pun mengulik informasi yang lebih jauh dari bapak berbadan kekar ini. Terkait bagaiamana menjaga aki sepeda motor Classy Yamaha yang sudah hybrid ini. “Ya seperti itulah konsepnya. Ada pengeluaran harus ada pengisian. Apalagi kondisi motor-motor sekarang sudah jarang menggunakan kick starter. Hanya mengantarkan anak sekolah yang berjarak 1 kilometer saja sudah berapa kali starter, sedangkan pengisiannya belum maksimal. Itu analoginya,” tambahnya.

Yups, berdasarkan pemaparan tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwasannya agar aki sepeda motor Classy Yamaha sanggup bertahan lebih lama, pemirsa harus meluangkan waktu untuk berjalan jauh. Setiap minggu misalkan, menyempatkan untuk Sunmori, atau city riding bareng teman-teman komunitas.

Karena baik Yamaha Fazzio atau Grand Filano ini sudah menjamur loh komunitasnya di mana-mana. Termasuk komunitas FOCI Surabaya yang dekat banget dengan Yamaha STSJ. Bisa lah menyempatkan diri touring bersama. Selain menikmati indahnya pengalaman dan bercengkerama dengan sesama anggota komunitas, kegiatan ini juga bisa menjadi sarana mengawetkan baterai sepeda motor Classy Yamaha. Baik itu Yamaha Fazzio Hybrid Connected maupun Yamaha Grand Filano Hybrid Connected. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini