Begini Tips Memilih Helm yang benar ala STSJ

Diposting pada

Motomazine.com – Salah satu perlengkapan berkendara yang tidak boleh dilewatkan adalah menggunakan helm. Baik berkendara jarak dekat maupun jarak jauh, pengendara wajib menggunakan helm untuk menjaga keselamatan. Selain itu, pengendara juga perlu memperhatikan kualitas helm yang hendak digunakan agar sesuai dengan standar yang telah diterapkan di Indonesia. Kriteria paling mendasar adalah gunakan helm yang sudah berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia).

“Tidak harus mahal dalam memilih helm, yang penting sudah memenuhi standar sesuai dengan anjuran dari pemerintah yaitu SNI. Saat ini juga tidak sulit untuk mencari helm yang sesuai dengan standarnya, bisa ditemui di toko online maupun offline. Pilihannya juga beragam, jadi sudah tidak ada alasan bagi konsumen untuk tidak mengenakan helm ketika berkendara,” ungkap William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Oleh karena itu, Yamaha memberikan beberapa tips yang dapat dinikmati oleh pengendara dalam memilih helm. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah sesuaikan helm dengan bentuk kepala dan style pengendara. Pastikan lingkar dalam helm lebih dari 1 cm agar penggunaan lebih nyaman. Ukuran helm yang terlalu besar atau terlalu sempit tentu mengakibatkan ketidaknyamanan ketika helm dikenakan. Hal ini dapat berpengaruh pada fokus pengendara selama dijalan raya. Pastikan agar helm yang dipilih terasa nyaman dan sirkulasi udara tetap terjaga.

Pilihlah helm yang bisa melindungi seluruh kepala pengendara. Terlebih bagi pengendara dengan hobi touring jarak jauh. Penggunaan helm full face menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi pengendara selama berada dijalan. Selain itu, pengendara juga bisa mempertimbangkan penggunaan helm half face apabila digunakan untuk mobilitas sehari-hari. Untuk menjaga penglihatan selama berkendara, pengendara bisa memilih menggunakan kaca bening untuk berkendara pada malam hari, dan kaca hitam untuk menghalau sinar matahari ketika siang hari.

Pengendara wajib memeriksa kualitas dari tali pengikat pada helm. Hal ini berfungsi untuk memastikan bahwa helm telah terpasang dengan kuat dan nyaman. Sehingga berkendara lebih aman dan tidak mengganggu. (mmz)

Kalau helm begini mah laham bener

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini