Yamaha R9 Semakin Dekat akibat akan disuntik Matinya R1?

Diposting pada

Motomazine.com – Kabar terbaru menyebut Yamaha akan percepat produksi YZF-R9. Sejauh ini belum ada gambaran pasti akan seperti apa bentukan Yamaha R9 nanti. Gambar renderan dari Young Machine di atas pun belum bisa dijadikan patokan resmi, apakah bentuka R9 nanti akan seperti itu. Langkah percepatan kelahiran Yamaha R9 ini disinyalir akibat akan segera dihentikannya massprod dari Superbike legendaris YZF-R1. Embel-embel emisi EURO5+ jadi pengganjal hingga akhirnya R1 stop produksi.

Lantas apakah produksi R1 akan benar-benar dihentikan? Produksi YZF-R1 akan tetap berjalan. Bedanya Yamaha hanya akan memproduksi R1 versi sirkuit, alias versi balap. Selayaknya yang sudah Yamaha lakukan pada YZF-R6. Produksi massal R6 sendiri digantikan oleh YZF-R7 yang mengusung mesin 700cc 2 silinder segaris.

Yamaha YZF-R7

Mirip dengan strategi pada Yamaha R7 yang pakai mesin MT-07, mesin Yamaha R9 nantinya juga akan memakai mesin dari MT-09. Mesinnya 3 silinder segaris crossplane. Menariknya si YZF-R9 ini dipastikan akan memakai sasis parimeter twin spar alias Deltabox.

Kita tunggu saja kehadiran Yamaha R9 ini. Apakah Yamaha akan berani melakukan dobrakan dengan menghadirkan paket aerodinamika layaknya CBR600RR ataupun CBR1000 RR-R? Ataukah Yamaha tetap konsen dengan fairing simpel selayaknya yang terpasang pada R7.

Yamaha YZF-R1 kabarnya akan stop produksi mulaii 2025, saat Eropa memberlakukan standar emisi EURO5+. Sementara kabar baiknya, YZF-R1 akan tetap dijual di Amerika Serikat. Karena mereka punya standar emisi sendiri.

So, cukup excited kah dengan desain Yamaha R9 ini? (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini