Musim Mudik Tiba, Perhatikan Kebersihan Saringan Udara Sepeda Motor

Diposting pada

Motomazine.com – Musim mudik telah tiba. Berbagai moda kendaraan digunakan untuk pulang kampung, termasuk sepeda motor. Menjaga kondisi sepeda motor tetap optimal menjamin kemudahan dalam perjalanan. Termasuk menjaga part-part sepeda motor tetap bekerja sebagaimana mestinya. Meski begitu, jarang yang menyadari betapa penting menjaga kebersihan saringan udara. Untuk menjaga kualitas udara yang masuk pada ruang bakar kendaraan, dibutuhkan saringan udara agar tetap menghalau kotoran dan debu yang masuk. Ketika kotoran menumpuk pada ruang bakar, akan menghambat proses pembakaran yang tidak maksimal. Saringan udara atau biasa dikenal dengan β€œAir Filter” merupakan komponen yang bertugas untuk menyuplai oksigen ke ruang bakar. Dibutuhkan perawatan yang maksimal serta rutin agar kendaraan bisa hemat bahan bakar.

β€œSemakin banyak endapan atau kotoran yang ada pada saringan udara ini tentu akan mengganggu proses pembakaran. Nantinya pasti berpengaruh pada BBM kendaraan yang lebih boros, tarikan pada motor juga terasa lebih berat, bahkan pembakaran yang terjadi jadi tidak sempurnah. Maka dari itu saringan udara harus rutin diganti agar menghindari hal buruk tersebut,” Ilham Om Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Saringan udara dirancang efektif untuk penggunaan sekali pakai. Sehingga, filter udara yang sudah kotor dan pernah digunakan, tidak dapat dibersihkan untuk digunakan kembali. Endapan debu atau kotoran yang tersaring nantinya akan melekat pada seluruh pori pori sehingga tidak bisa dilalui udara atau mampet.

Adanya ketidak seimbangan antara campuran udara dan bahan bakar akan berdampak pada penurunan kinerja komponen lainnya seperti busi. Akibat jika tidak diganti, akan mengalami kerusakan di seluruh komponen pada kendaraan. Hal ini juga dapat mengakibatkan motor mogok hingga lebih parahnya lagi adalah turun mesin.

Penggantian saringan udara sebaiknya dilakukan secara berkala atau setidaknya setiap 12.000 km. Hal ini guna mengantisipasi penyebab kendaraan rusak dan mogok dijalan. Kondisi saringan udara yang berkualitas tentu akan menciptakan performa kendaraan yang lebih optimal dan nyaman digunakan.

Rutinlah melakukan service berkala pada sepeda motor kesayangan pemirsa. Agar kondisi sepeda motor kita tetap prima dan terjagaa. Terlebih saat digunakan untuk kepentingan mudik seperti sekarang ini. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini