Kaum Hawa Jangan Abai, STSJ Ungkap Manfaat Ganti Oli secara Berkala

Diposting pada

Motomazine.com – Motor menjadi salah satu kendaraan yang sering digunakan untuk mobilitas sehari-hari. Setiap pengendara motor tentunya mempunyai kewajiban untuk memperhatikan kondisi pada kendaraannya, sebab hal yang kerap terjadi dengan adanya intensitas yang tinggi dapat menyebabkan penurunan performa dan kinerja pada kendaraan.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah melakukan pengecekan pada kondisi oli mesin pada kendaraan. Oli mesin pada sepeda motor juga tentu memiliki batas waktu pemakaian karena memiliki peran yang penting pada kendaraan. Selain berfungsi sebagai pelumas pada komponen pada bagian mesin, oli juga berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap optimal.

Om Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) menyampaikan bahwa,“Oli merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk diperhatikan karena dapat menunjang kelancaran mesin motor dan komponen lainnya. Pada beberapa kondisi, masih dijumpai pemilik sepeda motor yang mengabaikan untuk melakukan penggantian oli secara rutin, hal ini berdampak pada performa motor yang menjadi tidak optimal sehingga menggangu kenyamanan pada saat berkendara. Padahal ketika kita rutin melakukan perawatan dapat membantu mesin untuk bekerja dengan baik dan bisa tidak cepat rusak.”

Penggantian oli pada motor juga dapat berfungsi untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam mesin. Ketika kotoran tersaring melalui filter, oli akan melewati bagian-bagian di dalam mesin, dan akan membawa kotoran yang menempel sehingga bagian tersebut kembali bersih. Pengendara motor disarankan untuk melakukan penggantian oli dalam kurun waktu 2-3 bulan sekali atau per 2000 km maksimal per 3.000 km. Waktu tersebut merupakan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan pada kendaraan agar performa kendaraan tetap optimal.

“Untuk memudahkan konsumen dalam melakukan pengecekan kondisi oli mesin kendaraan, kami  menganjurkan konsumen untuk memanfaatkan aplikasi My Yamaha  sehingga konsumen dapat mengetahui bengkel Yamaha terdekat dari lokasi konsumen berada. Pergantian oli mesin pada motor juga bisa dilakukan di bengkel resmi Yamaha terdekat dan nantinya akan dibantu oleh teknisi handal kami,” tambah om Ilham. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini