Bukan Katanya, ini Kesan mmz Nunggang NMAX dari Generasi ke Generasi

Diposting pada

motomazine.com – Yamaha Indonesia dalam hal ini PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja merilis generasi terbaru berlabel NMAX “Turbo”. Tidak semuanya mendapat Turbo, akan tetapi nama Turbo ini dipakai sebagai penanda bahwa inilah NMAX terbaru, yang saat ini sudah masuk ke versi 3 (v3). Bagi pemirsa yang penasaran, berikut saya kasih sedikit review nunggang Yamaha NMAX dari generasi ke generasi.

Kebetulan salah satu kendaraan di rumah ada Yamaha NMAX generasi pertama yang saya kasih nama Namira. Sudah cukup banyak kilometer yang saya torehkan bareng NMAX old ini. Jadi untuk urusan impresi berkendara, banyak yang bisa saya jabarkan buat permisa.

NMAX v1 motomazine

Pertama Yamaha NMAX old ini punya desain bodi yang banyak disukai konsumen. Terbukti, hingga NMAX versi 2 awal-awal rilis, banyak konsumen yang masih penasaran dengan NMAX old (v1). Entahlah, masalah selera memang subjektif ya. Kalau saya pribadi memandang NMAX v1 dan v2 sama-sama keren. Kebetulan saja saya punyanya NMAX v1.

Begitu NMAX v3 rilis, sebagai awak media jujur saya terkejut. Terkejut dalam artian tidak membayangkan jika bentukan NMAX terbaru ini benar-benar dimiripkan dengan kakaknya, XMAX. Lampu depan projienya keren abis, ditambah dengan teknologi terbarukan YECVT yang mampu menyempurnakan kemampuan kirian NMAX itu sendiri.

Impresi lengkapnya belum bisa saya jabarkan di sini karena saya belum berkesempatan nunggang Yamaha NMAX Turbo. Pastinya secara garis besar, saya yakin ada perbedaan feeling dibandingkan nunggang NMAX v1 dan NMAX v2 sekalipun.

NMAX v1 punya karakter bertorsi besar, mantab buat stop and go dan ergonomi yang speedboat banget. Bagi kaum selonjoran, menjatuhkan pilihan pada NMAX v1 adalah keputusan tepat. Sedikit berbeda dengan NMAX v2, doi punya ergonomi sedikit lebih tegak dan mesin yang lebih halus. Nyaman sih, cuman untuk urusan torsi, NMAX v1 sedikit lebih ngejambak.

NMAX v2

Kembali lagi ke NMAX Turbo, jujur saya masih penasaran. Baik desain maupun impresi berkendaranya. Kebetulan tanggal 12 Juni kemarin, pas acara launching, saya gagal terbang ke Jakarta akibat tanggungjawab pekerjaan yang tidak bisa saya tinggalkan… Tetapi saya yakin setelah ini akan ada acara launching regional dari Yamaha DDS Madiun selaku distributor resmi sepeda motor Yamaha plat AE-AG. Jadi ya kita nantikan saja… Akhir bulan lah semoga.

So, buat pemirsa yang penasaran seperti apa impresi berkendara Yamaha NMAX Turbo ini? Sabar… Kalau sudah nyicipin pasti saya bongkar buat sampean semua. Sebelumnya biar mmz spill varian dan harga Yamaha NMAX terbaru (v3) area Madiun dan Kediri:

TYPE HARGA OTR MANDIRI
NMAX NEO Rp 33.500.000
NMAX NEO S Rp 34.500.000
NMAX “TURBO” Rp 38.550.000
NMAX “TURBO” TECH MAX Rp 44.050.000
NMAX “TURBO” TECH MAX ULTIMATE Rp 46.050.000

Spesifikasi NMAXTURBO

Tipe Mesin : 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC + YECVT
Tipe Mesin Neo : 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC
Jumlah/Posisi Silinder : Single Cylinder
Volume Silinder : 155.09 cc
Diameter x Langkah : 58 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi : 11.6 : 1
Daya Maksimum : 11.3 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum : 14.2 Nm / 6500 rpm
Sistem Starter : Electric Starter
Sistem Pelumasan : Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin : 1 L (Turbo), 0.9 L (Neo)
Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection
Tipe Kopling : Single Dry Clucth
Tipe Transmisi : Automatic
Tipe Rangka : Underbone
Suspensi Depan : Teleskopic
Suspensi Belakang : Unit Swing
Ban Depan : 110/70 – 13 M/C 48P
Ban Belakang : 130/70 – 13 M/C 63P
Rem Depan : Hydraulic Single Disc Brake
Rem Belakang : Hydraulic Single Disc Brake
P x L x T : 1.935 mm x 740 mm x 1.200 mm
Jarak Sumbu Roda : 1340 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 135 mm
Tinggi Tempat Duduk : 770 mm
Berat Isi : 135 Kg (Turbo Tech MAX), 133 Kg (Turbo), 130 Kg (Neo)
Kapasitas Tangki Bensin : 7.1 L

Sistem pengapian:TCI Baterai:YTZ6V/YTZ7VTipe Busi: NGK/CPR8EA-9

(mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini