24YMHONDACB650R

Gosipnya Honda akan Turunkan e-Clutch ke Sport 250cc. New CBR250RR?

Diposting pada

motomazine.com – Honda kembali bergerak. Seperti biasanya, Honda bergerak dengan silent mode tapi akhirnya berikan attack yang tak main-main. Metode ATM terbukti jadi senjata kuat bagi Honda melawan kompetitor. Namun berdasarkan gosip terbaru kali ini, kayaknya Honda bisa jadi pioneer jika benar-benar mengaplikasikannya. Tersiar kabar bahwa Honda akan tanamkan teknologi e-clucth ke motorsport 250cc mereka. Wuih… New CBR250RR kah?

Sayangnya hingga berita ini diturunkan, masih belum ada kejelasan terkait motor apa yang bakal mendapatkan update berupa e-clutch tersebut. Kalau masalah kubikasi, kuat dugaan motor sport 250cc Honda kah yang akan kebagian teknoogi tersebut.

Teknologi e-clutch sebelumnya sudah hadir di big bike Honda. Motor sport terbaru yang mendapatkan teknologi ini adalah CB650R. Teknologi e-clutch sendiri akan sangat memudahkan biker dalam berkendara. Mirip teknologi DCT yang sudah hadir di CRF1100L Africa Twin, e-clucth memungkinkan perpindahan gigi perseneling tanpa menarik tuas kopling.

Jadi baik saat start, naik gigi maupun turun gigi, pengendara tak perlu lagi menarik tuas kopling. Si biker hanya perlu melakukan perpindahan gigi, langsung dengan menginjak atau mencongkel pedal perseneling saja. Ya mudahnya ini teknologi yang sudah ada pada Honda Astrea Prima, cuma lebih canggih, lebih smooth dan lebih spontan!

e-Clutch sendiri berbeda dengan quick shifter. Sepeda motor meskipun sudah dijejali dengan teknologi quick shifter, tapi biker diharuskan menarik tuas kopling saat hendak berjalan. Pun dengan auto blipper. Meski bisa turun gigi tanpa menarik tuas kopling, namun pengendara tetap harus menarik tuas kopling saat motor sudah berada dalam kondisi low-rpm dan hendak berganti ke gigi netral.

Yasudah mari kita tunggu saja. Kan seperti apa teknologi e-clutch nanti jika beneran diaplikasikan ke motor sport 250cc-nya Honda. (mmz)

24YMHONDACB650R

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini