24YM CB650R

Kepoin E-Clutch New Honda CB650R MY 2024

Diposting pada

Motomazine.com – Honda menjadi salah satu pabrikan yang perkenalkan jajaran motor baru di ajang EICMA 2023. Pabrikan sayap tersebut setidaknya merilis 8 varian sepeda motor bergenre Big Bike. Diantaranya adalah New Honda CBR1000RR-R, New Honda CB1000 Hornet, New Honda CBR600RR, New Honda NX500, New Honda CBR500R, New Honda CB500 Hornet, New Honda CBR650R dan juga New Honda CB650R. Yang menarik adalah fitur yang dijejalkan ke New Honda CB650R. Honda menyebut fitur tersebut dengan E-Clutch. Lantas, apa sih sebenarnya E-Clutch Honda tersebut? Markipooo.. Mari kita kepo….

New Honda CB650R adalah salah satu jajaran naked sport Honda yang guanteng banget. Secara desain CB650R mengusung konsep kompak, tegas, berkarakter dan padat. Mesin 4-tak DOHC 4 silinder inline yang dijejalkan membuat tampilan Honda CB650R benar-benar penuh, jauh dari kata kopong.

24YMHONDACB650R

Nah, selain mendapat beberapa detail pembaruan seperti headlamp yang lebih nempel, cover belakang yang lebih tajam dan berkarakter, serta stoplamp yang lebih futuristisk, New Honda CB650R juga membawa pembaruan di sektor dapur pacu, yakni E-Clutch.

Teknologi E-Clutch memungkinkan pengendara mengoperasikan New Honda CB650R ini dengan jauh lebih mudah. Teknologi ini mirip-mirip apa yang dibenamkan pada Honda RC213V MotoGP, yakni seamless gearbox. Hanya saja secara kecanggihan jelas seamless gearbox juah lebih canggih.

Kalau boleh dibilang E-Clutch ini malah mirip teknologi kopling (kaki) yang diaplikasikan pada motor-motor bebek Honda. Kinerjanya serupa, cuman pergerakan piranti pemindah gigi pada New Honda CB650R ini diatur oleh otak elektronik.

24YMHONDACB650R

Gampangnya, pengendara New Honda CB650R tak perlu lagi menarik tuas kopling saat melakukan perpindahan gigi. Yaps, mirip dengan quick shifter dan auto blipper. Pengendara boleh melakukan perpindahan gigi hanya dengan menginjak pedal perseneling saja tanpa harus menarik tuas kopling lagi. Asyiknya, teknologi E-Clutch akan otomatis berfungsi saat motor hidup. Sehingga pengendara tak perlu menari tuas kopling lagi bahkan ketika memasukkan ke gigi 1. Weleh.. bebek habis wes!

Honda E-Clutch

Teknologi E-Clutch New Honda CB650R dapat diaktifkan maupun dinonaktifkan. Jadi buat pengendara yang lebih suka tampil macho dengan menarik-narik tuas kopling, sampean tetap bisa melakukannya. Mungkin saat angkatan awal (masuk gigi 1) untuk kemudian gigi 2 tak perlu lagi menarik tuas kopling.

Intinya dengan teknologi E-Clutch ini pengendara jadi lebih santai karena tak perlu lagi capek-capek menarik tuas kopling. Tinggal nyalakan motor, gas weng dan asyik benerr… Selain hadir pada New Honda CB650R, E-Clutch juga menghiasi New Honda CBR650R. Yaps, keduanya memakai mesin yang serumpun, cuma beda bodi saja. Jadi ya..begitu, sama! (mmz)

24YM CB650R

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini