Tips dan Kiat Menulis Ijazah. Persiapkan Segalanya Sebaik Mungkin..!!!

Diposting pada

image

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Sedikit keluar dari dunia motor dan permesinan, kali ini MMz akan membagikan tips dan kiat menulis ijazah bagi anda yang mungkin saja pada kesempatan kali ini sedang sibuk mencari referensi akan bagaimana menulis ijazah dengan baik, dan tentu saja tanpa kesalahan.

Artikel ini bersumber dari pengalaman MMz pribadi yang beberapa hari lalu diberikan mandat untuk menulisi ijazah dan SKHUS untuk anak-anak yang baru saja menyelesaikan pendidikannya di tingkat dasar. Walaupun sempat berpikir macam-macam, seperti takut salah misalnya MMz toh akhirnya semua bisa terselesaikan dengan baik, tanpa suatu aral rintangan apapun. Kuncinya, “Seng Penting Yakin…” :mrgreen:

Baca juga : Tips Ganti Aki Motor secara Mandiri di Rumah. Gampang Kok

Namun apapun itu, dengan bermodal keyakinan saja tentu tak cukup mampu menghasilkan karya yang bernilai. Peralatan berikut feel dan mental kudu benar-benar dipersiapkan sebelum anda mulai menulis ijazah.

Dan berikut beberapa tips dan kiat yang bisa anda lakukan saat hendak menulis ijazah.

Bahan dan Alat
Sebelum menulis anda harus mempersiapkan alat tulis berikut alat pendukung penunjang konsentrasi. Alat-alat terasebut antara lain:
• pensil
• penghapus
• penggaris, dan
• Drawing pen ukuran 0,5 dan 0,3.

Khusus untuk penggaris, selain digunakan untuk membuat garis tepi, alat ini juga bisa digunakan sebagai media untuk membuat tulisan lebih rapi.

Caranya adalah dengan memotong dua buah penggaris mika (tipis) menjadi empat bagian. Keempat bagian tersebut nantinya akan digabungkan lagi menjadi dua bagian saja. Yang pertama dua buah penggaris dijadikan satu dengan jarak 0,4 cm antar penggarisnya, dan penggaris kedua dibuat dengan cara yang sama dengan jarak 0,3 cm diantara keduanya. Lebih jelasnya silahkan di lihat pada gambar.

image

Kegunaan penggaris tersebut yakni sebagai pembatas/kolom saat kita menulis.. Dijamin tulisan akan jauh lebih rapi dan tertata.
Menulis
Ini dia saat paling menegangkan juga menentukan dalam proses penulisan sebuah ijazah. Yup, menulis itu sendiri tentunya.. Bukannya apa-apa, dalam penulisan ijazah sejatinya tak mentolerir kesalahan sama sekali.

Bagaimana tidak, ketika anda melakukan kesalahan, dalam menulis nama, TTL atau angka/nilai, maka anda harus minta kertas/blangko ijazah yang baru ke Dinas Pendidikan Propinsi. Selain rumit, tentu hal ini juga akan menghambat proses penyelesaian penulisan ijazah itu sendiri. Akibatnya, kepentingan anak untuk mendapatkan sekolah baru akan sedikit terbengkalai. Ya walaupun untungnya ada beberapa sekolah yang memperbolehkan penyetoran ijazah dan SKHU setelah si calon murid baru dinyatakan diterima di sekolah yang ia tuju.

Dalam penulisan ijazah, anda bisa menggunakan DR ukuran 0,5 untuk menulis nama. Dan untuk tulisan-tulisan lain(selain nama) anda bisa menggunakan bolpoin DR 0,3 atau bahkan 0,2.

image

Selain itu, faktor pendukung seperti mood, kopi (bagi anda penyuka kopi) dan musik, bisa juga diadikan bahan penjaga konsentrasi. Ingat… Jangan sekalipun memaksakan tetap menulis jika anda sudah mulai merasa lelah atau mengantuk.. Yakin sih yakin, tapi kalau salah.. bakal berabe bro…

Baca juga : 9 Tips Ampuh Rawat Motor Matic Honda biar Tetep Awet

So… Itu dia tips dan kiat menulis ijazah yang bisa MMz sajikan bagi sampean semua.. Ingat, selama kita yakin dan penuh konsentrasi serta kesiapan yang matang,  niscaya kesalahan dalam menulis ijazah ini dapat terhindarkan…. (MMz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

22 komentar

  1. Sy butuh utk penulisan ijasah akademi di jakarta selatan, kl ada bisa hub sy di 081584340248

  2. nama anak jaman sekarang panjang2, pernah nemuin sampai 5 kata, andalan saya snowman 0.2 kira2 bisa diisi ulang ga mas?

  3. Makasii infonya kang…. Aku Udah 7 x nulis ijazah dengan suka duka nya, banyak dukanya kang…

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini