Tips dan Kiat Menulis Ijazah. Persiapkan Segalanya Sebaik Mungkin..!!!

image

Tips dan kiat menulis ijazah

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Sedikit keluar dari dunia motor dan permesinan, kali ini MMz akan membagikan tips dan kiat menulis ijazah bagi anda yang mungkin saja pada kesempatan kali ini sedang sibuk mencari referensi akan bagaimana menulis ijazah dengan baik, dan tentu saja tanpa kesalahan.
Artikel ini bersumber dari pengalaman MMz pribadi yang beberapa hari lalu diberikan mandat untuk menulisi ijazah dan SKHUS untuk anak-anak yang baru saja menyelesaikan pendidikannya di tingkat dasar. Walaupun sempat berpikir macam-macam, seperti takut salah misalnya MMz toh akhirnya semua bisa terselesaikan dengan baik, tanpa suatu aral rintangan apapun. Kuncinya, “Seng Penting Yakin…” :mrgreen:
Namun apapun itu, dengan bermodal keyakinan saja tentu tak cukup mampu menghasilkan karya yang bernilai. Peralatan berikut feel dan mental kudu benar-benar dipersiapkan sebelum anda mulai menulis ijazah.
Dan berikut beberapa tips dan kiat yang bisa anda lakukan saat hendak menulis ijazah.
Bahan dan Alat
Sebelum menulis anda harus mempersiapkan alat tulis berikut alat pendukung penunjang konsentrasi. Alat-alat terasebut antara lain:
• pensil
• penghapus
• penggaris, dan
• Drawing pen ukuran 0,5 dan 0,3.
Khusus untuk penggaris, selain digunakan untuk membuat garis tepi, alat ini juga bisa digunakan sebagai media untuk membuat tulisan lebih rapi.
Caranya adalah dengan memotong dua buah penggaris mika (tipis) menjadi empat bagian. Keempat bagian tersebut nantinya akan digabungkan lagi menjadi dua bagian saja. Yang pertama dua buah penggaris dijadikan satu dengan jarak 0,4 cm antar penggarisnya, dan penggaris kedua dibuat dengan cara yang sama dengan jarak 0,3 cm diantara keduanya. Lebih jelasnya silahkan di lihat pada gambar.

image

Bahan dan Alat untuk menulis ijazah

Kegunaan penggaris tersebut yakni sebagai pembatas/kolom saat kita menulis.. Dijamin tulisan akan jauh lebih rapi dan tertata.
Menulis
Ini dia saat paling menegangkan juga menentukan dalam proses penulisan sebuah ijazah. Yup, menulis itu sendiri tentunya.. Bukannya apa-apa, dalam penulisan ijazah sejatinya tak mentolerir kesalahan sama sekali. Bagaimana tidak, ketika anda melakukan kesalahan, dalam menulis nama, TTL atau angka/nilai, maka anda harus minta kertas/blangko ijazah yang baru ke Dinas Pendidikan Propinsi. Selain rumit, tentu hal ini juga akan menghambat proses penyelesaian penulisan ijazah itu sendiri. Akibatnya, kepentingan anak untuk mendapatkan sekolah baru akan sedikit terbengkalai. Ya walaupun untungnya ada beberapa sekolah yang memperbolehkan penyetoran ijazah dan SKHU setelah si calon murid baru dinyatakan diterima di sekolah yang ia tuju.
Dalam penulisan ijazah, anda bisa menggunakan DR ukuran 0,5 untuk menulis nama. Dan untuk tulisan-tulisan lain(selain nama) anda bisa menggunakan bolpoin DR 0,3 atau bahkan 0,2.

image

Contoh penulisan nama pada ijazah

Selain itu, faktor pendukung seperti mood, kopi (bagi anda penyuka kopi) dan musik, bisa juga diadikan bahan penjaga konsentrasi. Ingat… Jangan sekalipun memaksakan tetap menulis jika anda sudah mulai merasa lelah atau mengantuk.. Yakin sih yakin, tapi kalau salah.. bakal berabe bro…
So… Itu dia tips dan kiat menulis ijazah yang bisa MMz sajikan bagi sampean semua.. Ingat, selama kita yakin dan penuh konsentrasi serta kesiapan yang matang,  niscaya kesalahan dalam menulis ijazah ini dapat terhindarkan…. (MMz)
======================
Bro dan sis punya informasi seputar otomotif dan kehidupan? Share saja bareng motomazine di:
• email: motomazineblog@gmail.com
• facebook: motomazine.com
• twitter: @aguztino86
• BB: 524dbd4e
• IG: motomazineblog
• WA: 085233819298

Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di serba-serbi, umum dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

18 Balasan ke Tips dan Kiat Menulis Ijazah. Persiapkan Segalanya Sebaik Mungkin..!!!

  1. Suci Su berkata:

    Tulisanku jelek. Aku nyerah. *lambaikan tangan*
    Wkwkwk.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Rio berkata:

    Tulisanku lumayan….tapi bukan guru hehehe..

    Benelli TNT250, uhuiiii!!
    https://motorrio.com/2016/07/15/benelli-tnt250-first-impression-on-daylight/

    Suka

  3. Gangsar berkata:

    Hati hati om, salah sedikit fatal ntar

    Disukai oleh 1 orang

  4. ndesoedisi berkata:

    jadi inget dulu sering ngeliatin alm bapak nulis ijasah 🙂

    Disukai oleh 1 orang

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s