Ducati Resmi Rilis Panigale V4 MY 2018. Spesifikasi Sarat Teknologi MotoGP

wp-image-14437725

Ducati Panigale V4 MY 2018 dengan berbagai pembaruan membuat motor jadi lebih  responsif dan mudah dikendarai

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Berbarengan dengan ajang EICMA Milan Motorshow Ducati secara resmi merilis Panigale V4 MY 2018 dengan mesin Desmosedici Stradale yang sarat dengan teknologi hasil comotan dari MotoGP. Motor yang menjadi suksesor dari Panigale 1299 ini didaulat sebagai race oriented bike yang kemungkinan besar akan diterjunkan di ajang WSBK musim depan guna melawan kedigdayaan Kawasaki dan Yamaha.

Ducati Panigale V4 adalah sebuah paradigma baru

Secara desain Ducati sengaja melakukan beberapa pendekatan berbeda untuk menciptakan motor yang lebih kompetitif dibanding pendahulunya. Walaupun garis shape bodi masih mempertahankan ciri khas Panigale (headlamp dan tail light), tapi menurut Claudio Domenicali, CEO Ducati Motor, Panigale V4 adalah representasi mutiara baru dari sebuah produk.

“Kami sangat bangga memperkenalkan mutiara teknologi ini, yang dimulai dari bagian sejarah perusahaan kami. Mendemostrasikan hal-hal penting dalam berinvestasi dalam menciptakan sebuah produk. Produk ini juga menggambarkan bagaimana dekatnya hubungan antara Ducati Corse dan grup yang membangun motor ini, dan bagaimana teknologi balap sangat bisa dijadikan standar model ini,” ujar Claudio seperti dikutip dari situs resmi Ducati Motor.

Spesifikasi Ducati Panigale V4 terbaru ini juga bisa dikatakan mengalami banyak perubahan dibanding pendahulunya, si Panigale 1299. Dari sisi frame Ducati kini memakai frame baru yang diklaim lebih ringan dibanding sasis monocoque yang dahulu dipakai pada Panigale 1299. Berat sasisnya sendiri hanya 4 kilogram dengan desain merangkul mesin hingga menghasilkan desain compact yang memungkinkan desain fairing yang lebih slim.

wp-image-1026746380

Sasis terbaru Ducati Panigale V4

Baca juga:

Sasis baru yang disebut Ducati sebagai “front frame” ini diklaim mampu membuat kendali motor lebih rigid dan meminimalisir adanya gejala front end yang kerap menyerang motor-motor Ducati. Bagi anda penikmat MotoGP tentu sudah sangat tak asing dengan motor Ducati bersasis monocoque yang begitu sulit dibelokkan karena adanya understeer di bagian depan. Jangankan Rossi (2011) Stoner sang penakluk Ducati saja tak mampu kembali juara dunia dengan sasis model ini (2008-2010).

Secara spesifikasi Ducati Panigale V4 bisa dijabarkan sebagai berikut:

  • Mesin : V4 Desmosedici Stradale 90 derajat
  • Displacement : 1.103 cc
  • Power : 157,5 Kw (214 HP0 @13.000 rpm
  • Torque : 124,0 Nm (91,5 lb-ft) @10.000 rpm
  • Berat kering : 175 kg
  • Tinggi tempat duduk : 830 mm
  • Panjang wheelbase : 1.464 mm
  • Safety : Riding Modes, Power Modes, Bosch Cornering ABS Evo, Ducati Traction Control (DTC) Evo, Ducati Wheelie Control (DWC) Evo, Ducati Slider Control (DSC) Evo, Engine Brake Control (EBC) Evo, dan Auto Tyre Calibration.

Selain beberapa teknologi canggih yang disematkan di atas Ducati Panigale V4 Desmosedici juga dipersenjatai dengan Counter Rotating Crankshaft. Teknologi perputaran crankshaft yang diambil dari MotoGP ini diyakini mampu memberikan kestabilan lebih saat rider berganti arah (chicane) maupun mereduksi adanya wheelie saat corner exit.

wp-image-1636506082

Mesin V4 90 derajat Stradale Ducati Panigale terbaru MY 2018 dengan Counter Rotating Crankshaft

Teknologi perputaran crankshaft terbalik ini kini lazim dipakai oleh hampir semua mesin pada pacuan motor MotoGP. Teknologi yang awalnya diperkenalkan oleh Yamaha lewat mesin mesin YZR-M1 ini nyatanya mampu menghantarkan Rossi mencapai 7 kali gelar juara dunia MotoGP akibat putaran mesin yang lembut serta lincahnya gerakan motor.

Ducati Panigale V4 juga menggunakan double layer fairing yang diyakini memberikan efek aerodinamika lebih baik serta memberikan pendinginan maksimal terhadap radiator. Fairing terbaru ini jugalah yang membuat bodi Ducati Panigale V4 jadi lebih compact, sekaligus pembeda sejak Ducati 916 series.

wp-image-768971112

Ducati Panigale V4 dengan double layer fairing menjadikan bodi motor secara keseluruhan jadi lebih kompak dan memiliki aerodinamika yang lebih baik

Dengan berbagai pendekatan dan pembaruan tersebut Ducati Panigale V4 tampil sebagai superbike yang patut diperhitungkan apalagi saat mereka telah benar-benar diturunkan di ajang World Superbike nantinya. Ducati Panigale V4 sendiri hadir dalam tiga tipe diantaranya Ducati Panigale V4, Panigale V4S dan Panigale V4 Speciale dengan berbagai piranti aksesoris termasuk muffler akrapovic.

Semoga berguna… Kepengen juga.. hehe… (mmz)

===============

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di balap, motogp, New Bike dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s