[MotoGP] : Inilah Inspirator Winglet Tersembunyi Yamaha M1 2017

Diposting pada 301 views


image
Winglet tersembunyi Yamaha M1 Rossi

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Mereview hasil tes pramusim hari kedua di Sepang kemarin, selain kita dikejutkan dengan performa apik Iannone yang kini membesut Suzuki GSX-RR, perhatian publik rupanya juga tak dapat terlepas dari sebuah piranti baru (sebut saja begitu) yang menghiasi sisi fairing kanam dan kiri Yamaha YZR-M1 yang ditunggangi Valentino Rossi.
Mengakali pelarangan penggunaan part pembantu aerodinamika, akhirnya itulah piranti baru yang orang namakan dengan concealed winglet atau sayap tersembunyi.
Jika kita perhatikan, bentuk winglet tersebut merupakan susunan dari beberapa layer buku-buku karbon yang dibungkus dengan fairing. Yup, jelas tertulis dalam pasal tentang winglet ban, di sana dituliskan bahwa motor pacuan MotoGP tak boleh menggunakan sayap pembantu aerodinamika yang tak terintegrasi dengan fairing. Atau dengan kata lain dimounting dengan baut.
Nah, langkah pintar pun diambil Yamaha dengan membuat semacam layer-layer dengan kinerja mirip winglet (membantu downforce motor) namun dengan bagian yang menjadi kesatuan dengan fairing. Cerdas…!!!
Yang justru menggelitik MMz adalah bentuk winglet tersembunyi itu sendiri. Sontak ingatan MMz ditarik pada “ekstra winglet” yang dipakai Marquez pada Honda RC213V nya dalam balap musim 2016 lalu.
Yup, saat itu Marquez memakai 3 pasang winglets di sisi kanan dan kiri fairing Honda RC213V nya.
Berbagai model winglet saat itu sudah dicoba oleh Honda. Mulai dari winglet mini, 3 winglet bertumpuk, hingga akhirnya memakai winglet sayap lele layaknya yang dipakai Yamaha.
image
Marquez dengan winglets ekstranya

Nah, dari 3 winglet ekstra itulah MMz menemukan sebuah pemikiran jika Yamaha terinspirasi dari sana. Hanya saja, untuk mensiasati regulasi mereka menutup sayap-sayap patah mini tersebut dengan fairing. Hingga lebih mirip terlihat seperti insang. Bukan sirip lele lagi… :mrgreen: (MMz)
image
Cocok gak kira-kira?

==============
Punya pertanyaan atau ingin berbagi informasi? Kirim saja ke:
• motomazineblog@gmail.com

0 thoughts on “[MotoGP] : Inilah Inspirator Winglet Tersembunyi Yamaha M1 2017

Silahkan Komentarnya Kangbro