Berikut Plus Minus Ban Corsa Platinum R26 di Honda Vario125

img_20170516_085610.jpg

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Akhirnya… ganti juga sepatu tunggangan MMz, si Vario 125 yang dengan setianya menemani wira-wiri beraktivitas ke tempat kerja setiap harinya. Setelah menimbang dan memilih, akhirnya MMz memutuskan untuk memakai ban CORSA Platinum R26 Tubeless depan dan belakang. Lantas bagaimana impresinya? Serta apa plus dan minusnya? Monggo disimak masgan…

Pertama menjatuhkan pilihan ke merk CORSA tipe platinum R26 adalah karena saking besarnya rasa penasaran MMz terhadap ban produksi dalam negeri ini. Setelah cukup tertarik dengan kembangan pada bannya, MMz juga tergelitik untuk mengetahui performanya setelah beberapa kali mendapat racun dari teman-teman yang telah lebih dulu memakainya.

Penggantian ban MMz lakukan di bengkel teman. Untuk ban depan MMz memilih ukuran 90/80-14 (tubeless) sedangkan ban belakang pilihan jatuh ke ukuran 100/80-14 (tubeless). Alasannya simpel, agar kaki-kaki motor terlihat lebih padat pasca penggantian velg aftermarket merk POWER ukuran 2,5″ depan dan 3,5″ belakang. Untuk harga, ban depan dibanderol seharga Rp 170 ribu, sedangkan ban belakang dihargai Rp 190 ribu. Cukup worthed untuk ban tipe tubeless berukuran 14″.

img_20170516_090055.jpg

Review impresi ban MMz lakukan setelah penggunaan kurang lebih sejauh 1000 km pasca penggantian. FYI, sebelum memakai ban merk CORSA ini, MMz sudah pernah memakai ban merk FDR Genzi Pro tubeless dengan ukuran yang sama, yakni 90/80-14 depan dan 100/80-14 belakang.

Dibekali kompon medium cenderung sedikit “empuk”, saat diajak melibas jalanan yang bergelombang feelnya terasa lebih manusiawi dibanding ban terdahulu yang MMz pakai. Daya redam si karet bundar ini bekerja jauh lebih baik. Bahkan ketika motor harus MMz bawa blusukan ke daerah pegunungan saat ziarah makam sehari sebelum awal puasa bulan lalu.

img_20170623_131906.jpgimg_20170623_132009.jpg

Daya cengkeram ke aspal bisa dikatakan cukup ciamik juga masgan… Baik jalan kering, basah, hingga “nyemek-nyemek” :mrgreen: , semua bisa dilibas dengan aman. Apalagi dipakai pada permukaan aspal kering dan panas, beugh…. daya cengkeram ban ke aspal sontak membuat anda lebih pede untuk merabh-rebahkan motor. Hal ini MMz alami langsung saat harus gas ke Malang akhir bulan April lalu. Berangkat pukul 4.00 pagi MMz langsung disuguhi aspal dingin dipadu hujan gerimis yang lumayan membuat aspal sempat teraliri air. Dan benar saja, dibanding ban yang dulu MMz pakai, feeling daya cengkeram si CORSA Platinum R26 ini jauh lebih bagus. Berkebalikan saat berangkat, ketika pulang cuaca jauh lebih bershabat. Nah dari sanalah eksplore maksimal ban bisa saya lakukan. Menembus jalur selatan (Malang-Blitar-Tulungagung-Trenggalek-Ponorogo) yang memang sarat dengan tikungan dan kontur jalan yang naik turun. Bisa dibilang cukup lengkap lah mewakili review penggunaan ban baru.

img_20170516_085929.jpg

Berbicara mengenai keunggulan sebuah produk, rasanya masih kurang afdol jika tak membicarakan juga sedikit kelemahannya. Karena ibarat pepatah bilang kan, tak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini. Jadi sebagus apapun produk buatan manusia, pasti menyimpan sisi lemah tersendiri.  Nah, berbeda dengan FDR Genzi Pro yang memang membuat nyali seketika ciut saat digunakan melibas jalanan di waktu hujan, kelemahan ban tipe CORSA Platinum R26 adalah terletak pada bobot. Entah mengapa, namun MMz merasakan ban ini sedikit lebih berat dibanding FDR. Bahkan feeling ini sudah MMz rasakan sesaat pasca ban terpasang di motor. Dan benar saja masgan… Sebagai pembuktian, kemarin…. Saat MMz meluncur ke Madiun untuk menghadiri sebuah acara di sana, Vario 125 saya yang biasanya cukup bisa diandalkan untuk adu topspeed dengan teman-teman sebayanya, kali ini tertinggal hingga jarak 5 meteran dengan motor yang sama. Yang pasti, si penunggang Vario 125 biru tersebut memakai ban FDR tipe Sport XR.

So.. jika kita tarik kesimpulan dari penggunaan ban merk CORSA Platinum R26 ini adalah:

  • KELEBIHAN
  1. Daya cengkeram jempolan, terutama di permukaan jalan kering dan cukup bagus di permukaan jalan basah.
  2. Daya rebound terhadap permukaan jalan bagus, hingga feel berkendara terasa lebih empuk.
  3. Harga yang cukup bersaing, bahkan bisa dibilang murah untuk performa sekelasnya.
  4. Alur ban sporty
  • KEKURANGAN
  1. Ban sedikit lebih berat sehingga mengurangi kemampuan topspeed sepeda motor dan tentu juga berpengaruh ke konsumsi BBM.

img_20170516_085826.jpg

Last… apapun itu dengan harga yang cukup terjangkau rasanya ban ini cukup handal lah dijadikan pilihan untuk menunjang aktivitas keseharian anda dalam berkomuter menggunakan sepeda motor. apalagi saat musim mudik seperti sekarang ini, untuk urusan perjalanan ke luar kota, ban ini sangat mampu dihandalkan. Sebab selama perjalanan Malang-Ponorogo, dalam waktu 4 jam Motomazine sama sekali tak  mengistirahatkan motor. cuma sekali isi bensin di Blitar dan itupun hanya memakan waktu sekitar 5 menitan…. Semoga berguna… (MMz)

Baca juga:

===============

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di serba-serbi, umum dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Berikut Plus Minus Ban Corsa Platinum R26 di Honda Vario125

  1. Mase berkata:

    Anyar meneh…

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s