Pilihan Warna, Spesifikasi dan Harga MT-15 Indonesia

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Oke masbro, rilis juga akhirnya. Yamaha MT-15 versi Indonesia. Kenapa mmz tulis begini? Karena awalnya si MT-15 sudah lebih awal nongol di Thailand sana. Bahkan parahnya sempat berhembus kabar MT-15 gak jadi rilis di Indonesia. Kan perih Cak? Tapi saat itu saya gak nulis artikelnya. Yo kan aneh to Cak. Wong yang bikin YIMM, masa gak dipasarkan di Indonesia. Dan setelah rilis secara resmi kemarin (18/01), berikut mmz sajikan pilihan warna, spesifikasi dan harga MT-15 Indonesia.

Sekilas jika diperhatikan Yamaha cukup sukses menelurkan klan MT series. Bukan seperti XABRE yang terkesan bingung mau ngikut keluarga mana, si MT-15 ini jelas menyedot desain garis keluarga MT. Bisa dikatakan MT-15 terbaru ini mewarisi garis desain MT-09 dan MT-07. Terbukti, bocoran yang mmz tulis beberapa waktu silam cukup akurat.

Yang selanjutnya fitur. Yamaha membekali MT-15 dengan fitur-fitur rupawan. Lampu depannya didesain ala-ala kepala predator dengan komposisi headlamp utama (LED Projector) plus alis sebagai DRL. Imho ini menjadikan tampialn garang MT-15 makin terpancar kuat.

Untuk mesin, Yamaha mencangkokkan mesin 4-tak 155 cc SOHC LC 4 valve dengan teknologi VVA. Teknologi yang juga dipakai oleh NMAX, VIXION R dan juga R15 ini sukses membuat motor-motor yang saya sebutkan tersebut punya tenaga cukup mumpuni. Yaps, VVA akan aktif saat kitiran mesin tembus 7.000 rpm. Mesin SOHC yang biasa mlempem di putaran atas akan tertolong oleh VVA ini. Dan keunggulan mesin SOHC yang lebih irit bisa tetap dipertahankan. KEunggulan tersebut makin lengkap lagi dengan hadirnya assist and slippery clutch yang membuat pengoperasian tuas kopling jadi lebih enteng.

Selain mesin dan fitur unggulan tersebut tampilan MT-15 juga makin garang karena spesifikasi kaki-kaki yang diusung. Suspensi depan sudah dibekali garpu model upside down plus swingarm belakang yang didesain model banana aluminium. Dengan ban depan 110/70-17 dan ban belakang 140/70-17 tampilan MT-15 jadi berasa bantet dan kekar.

mt-15 matte silver motomazine.com

Untuk warna sekarang. Yamaha merilis 3 macam warna Yamaha MT-15 Indonesia yakni Metallic Black, Matte Silver dan Matte Blue. Ketiga warna tersebut meninggalkan warna Biru (Racing Blue) yang dirilis di Thailand. Entahlah, bisa jadi Yamaha menyimpan warna ini setelah tim Monster Yamaha MotoGP melaunching warna livery M1 terbaru. Semoga sih…hehehe…

Untuk harga sekarang. Yamaha merilis MT-15 dengan banderol harga di angka Rp 34.950.000,- OTR Jakarta. Cukup WOW juga sih untuk ukuran motor naked sport. Biasanya kan harganya di bawah R15. Eh ini mepet, bahkan lebih. Di Jatim contohnya, MT-15 dibanderol dengan harga Rp 36,3 juta. Sementara R15 hanya Rp 36,2 juta saja (OTR Madiun-Kediri).

mt-15 metallic black motomazine.com

So, yang berminat monggo silahkan dipinang Yamaha MT-15 terbaru Indonesia ini. Secara basis desain sudah cukup bagus, kekar dan padat. Tapi ya namanya produk tentu masih jauh dari yang namanya sempurna. si MT-15 Indonesia ini belum dibekali dengan hazard lamp. Tak hanya itu, posisi pembuka kunci jok yang ada di kolong bawah menurut mmz juga sedikit merepotkan.

Entahlah, pokoknya ya begitu. Sebab saya rasa bagi calon pembeli, mereka gak akan mempermaslahkan kekurangan-kekurangan tersebut. Suka ya beli saja. Wong niatnya beli MT-15 emang buat nggaya dan tampil beda. Bukan buat investasi atau ajang nyinyir belaka. Iyo ora Cak? wkwkwk… Semoga berguna… (mmz)

Berikut spesifikasi lengkap Yamaha MT-15 Indonesia

Mesin

Tipe mesinLiquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA
Jumlah/posisi silinderSilinder tunggal
Diameter x Langkah58,0 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi11,6 : 1
Daya maksimum14.2 kW/ 10000 rpm
Torsi maksimum14.7 Nm/ 8500 rpm
Sistem starterelektrik starter
Sistem pelumasanbasah
Kapasitas oli mesinTotal = 1,50 L ; Berkala = 0,85 L ; Ganti Filter oli = 0,95 L
Sistem bahan bakarFuel Injection
Volume Silinder155 cc
Tipe KoplingWet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch
Tipe TransmisiManual
Pola Pengoperasian Transmisi1-N-2-3-4-5-6

Dimensi

P x L x T1965 X 800 X 1065 mm
Jarak sumbu roda1335 mm
Jarak terendah ke tanah155 mm
Tinggi tempat duduk810 mm
Berat Isi133 kg
Kapasitas tangki besin10.4 Liter

Rangka

Tipe rangkaDeltabox
SUSPENSI DEPANTelescopic Form ( Inverted )
SUSPENSI BELAKANGLink Monoshock
BAN DEPAN110/70-17M/C (54S)
BAN BELAKANG140/70-17M/C (66S)
REM DEPANDisc Brake
REM BELAKANGDisc Brake

Kelistrikan

Sistem pengapianCDI/Transistor
BatteryYTZ4V
Tipe BusiMR8E9

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini