Spyshot Motor Trail Yamaha, Sebut saja XTZ

Diposting pada 39 views

MOTOMAZINE.COM – Kangbro, bahas motor trail lagi yuk… Kali ini datang dari pabrikan Garputala. Kabar Yamaha siapkan motor trail ternyata bukan isapan jempol belaka. Pasalnya baru-baru ini, kemarin tepatnya terjepret spyshot motor trail Yamaha, sebut saja namanya XTZ.

Kenapa dinamai XTZ? Ya karena ciri-ciri yang tergambar pada motor trail Yamaha ini sangatlah mirip dengan XTZ yang sudah terlebih dahulu dijual di Jepang sana.

Mulai dari bodi plastiknya, headlamp, desain sasis, sampai bentuk knalpot semua sama. Yang sedikit menjadi pertanyaan berikutnya adalah, apakah yang dites ini XTZ125, atau direvisi jadi 150 cc.

Sebab mau tidak mau Yamaha juga harus memperhatikan pasar kan? Di Indonesia sudah bertengger KLX150 dan CRF150L yang jelas-jelas mengusung mesin 150cc.

Beralih ke fitur. Kalau mau jujur nih, Yamaha mending jangan ngeluarinĀ  versi XTZ ini deh. Kenapa? Sebab semua serba nanggung.

Maaf-maaf nih ye, maaf-maaf… Lihat saja suspensi depannya masih teleskopik, suspensi belakang gak pakai link (KLX dan CRF sudah pakai), juga rem belakang tromol.

Entahlah, secara fungsi mungkin fitur-fitur tersebut masih bisa bekerja bagus di lintasan. Tapi begitu kena konsumen Indonesia… Wadidaw… Iso uring-uringan Kang kalau dikasih model yang cuma begitu.

Apalagi kompetitor sudah lebih dahulu hadir dengan berbagai fitur josnya. Bakal jadi PR besar bagi Yamaha kalau mereka tetap menelurkan si XTZ ini.

But, semua kebijakan kembali lagi ke Yamaha. Bisa jadi mereka akan memerangi kompetitor dengan harga yang jauh lebih murah misalnya. Sebab bagi trabaser, mesin standar tetap menjadi “mainan lucu” jika benar-benar dibawa masuk ke hutan guna menaklukkan rintangan-rintangan yang tersedia. Jadi kemungkinan mesin dimodifikasi sangatlah besar.

Dan dengan harga baru yang jauh lebih murah, bisa jadi XTZ akan dilirik para juragan trabas. Kalau menurut sampeyan gimana Kangbro? Sudah cukup puas dengan spyshot motor trail Yamaha ini? Semoga berguna… (mmz)

cc: Lek IWB

Silahkan Komentarnya Kangbro