Kualifikasi MotoGP Jerman: Marquez Pole, Rossi 11 dan Sempat Jatuh

Diposting pada 90 views

MOTOMAZINE.COM – Hasil kualifikasi MotoGP Jerman menempatkan Marc Marquez sebagai pole sitter sekaligus torehkan lap record baru sirkuit Sachsenring. Pembalap berjuluk The Baby Alien ini berhasil catatkan waktu di angka 1m20.195 detik. Pembalap Repsol Honda ini berhasil pupuskan perlawanan berat pembalap satelit Yamaha Fabio Quartararo yang menempel di posisi dua dengan gap 0,205 detik saja. Posisi tiga diisi oleh pembalap pabrikan Yamaha Maverick Vinales disusul Rins dan Miller. Sementara rekan setim Vinales, Valentino Rossi hanya puas di posisi 11.

Performa The Doctor bisa dibilang cukup apik. Setelah moncer di FP1 dan sedikit terpuruk di FP2 dan FP3, pembalap tergaek ini mampu perbaiki performa. Di sesi kualifikasi 1 (Q1) GP Jerman Rossi selalu tampil cepat sejak awal sesi.

Doi saling susul dengan Andrea Dovisiozo hingga akhirnya di akhir sesi posisi Dovisiozo digeser oleh pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami. Sayang, menyisakan beberapa menit pasca sesi Q1 usai The Doctor justru terhempas di tikungan 1. Gejalanya sama kayak di Assen, ngerem terus low-side dan kehilangan traksi ban depan.

Di Sachsenring kali ini bisa dibilang performa pembalap-pembalap Yamaha cukup apik. Tercatat di posisi dua dan tiga ada fabio dan Maverick, sementara Franco Morbidelli ada di posisi 7. Hanya Rossi yang terlempar ke posisi 11 lantaran motor kedua yang ia pakai. Wajar, settingannya kemungkinan berbeda dengan motor pertama yang ia pakai jatuh.

So, kita lihat saja akan seperti apa kiprah pembalap-pembalap Yamaha esok. Mampukah mereka kembali menggebrak? Kalahkan King of Ring, si Marc Marquez? Sebab melihat pesaing terdekatnya, Andrea Dovisiozo sepertinya pembalap pabrikan Ducati ini sedikit terseok-seok dan akan memulai balap dari posisi 13. Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro