Test Misano: Yamaha Adopsi Teknologi Ducati dan Suzuki

Diposting pada 719 views

MOTOMAZINE.COM – Masbro, hari ini tim MotoGP bertandang ke Misano untuk melakukan rangkaian test di sirkuit yang juga bernama Marco Simoncelli tersebut. Semua pabrikan turun dengan pembalap resminya. Termasuk Yamaha yang menurunkan Valentino Rossi, Maverick Vinales, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo. Namun di sebalik itu, mata penikmat MotoGP justru terfokus pada Yamaha YZR-M1 yang diuji Rossi dan Vinales. Kedua motor test tersebut mendapat update sebagai adopsi dari teknologi yang dipakai Ducati dan Suzuki.

Memangnya apa sih yang dilakukan pabrikan Iwata terhadap M1 versi test Misano ini? Ada tiga part baru yang setidaknya diujicobakan pada M1 yakni aero cover front brake, swingarm carbon dan juga double muffler. Oke mari bedah satu persatu.

Cover disk brake depan

YZR-M1 versi test Misano mendapat update berupa cover disk brake depan. Cover disk brake ini sepertinya punya tiga fungsi sekaligus. Yang pertama adalah sebagai cover diskbrake yang mencegah dari berbagai kotoran yang mungkin mengenai piringan cakram, serta sebagai tunel untuk mengalirkan udara dari depan, serta sebagai piranti aerodinamika.

Part seperti ini bisa dilihat di Ducati Desmosedici GP19 tunggangan Dovisiozo, Petrucci dan Miller. Entahlah, mungkin Yamaha memandang penting piranti yang satu ini. Yang jika pada Ducati penempatannya ada di sebelah bawah garpu depan.

Swingarm carbon

Yang selanjutnya adalah swingarm carbon. Yamaha tergolong menjadi pabrikan yang paling santuy mengenai swingarm karbon ini. Ducati sudah memakainya sejak jaman baheula. Bahkan sejak Desmosedici GP10 mereka sudah pakai swingarm nyentrik tersebut.

Yamaha yang selama ini kekeuh dengan swingarm aluminium pun akhirnya goyah. Di test Misano kali ini Rossi kepergok memakai swingarm karbon dan mengatakan doi lebih suka dengan arm ini. Yaps, arm ini jas lebih ringan dibanding almu dan punya tingkat rigiditas yang lebih baik serta lebih mudah diatur.

Double end muffler

Knalpot ganda. Yaps, meniru Suzuki yang sekaligus memakai produsen knalpot sama, Akrapovic, Yamaha akhirnya ketularan pakai knalpot bercabang. Sedari dulu mesin inline 4 biasanya punya silincer tunggal saja. Namun sejak beberapa seri lalu, GSX-RR pakai knalpot beda. Bercabang dua. Dan terbukti, entah karena faktor saluran buang yang lebih bagus atau apa, nyatanya topspeed GSX-RR jauh lebih bagus ketimbang YZR-M1. Jadi wajar jika akhirnya Yamaha pakai model muffler ini juga.

Last, test Misano masih akan terus bergulir di sore ini. Masih banyak update yang kemungkinan muncul termasuk dari pabrikan-pabrikan lain. Sekilas terlihat Joan Mir (Suzuki) juga memakai aero fairing baru layaknya yang dipakai Alex Rins.

Atau termasuk mesin M1 versi 2020 yang menurut Rossi sendiri bakal tampil di Misano ini. Yang pasti sih masih akan inline 4 crossplane. Tinggal tunggu saja nanti topspeednya. Ngangkat tinggi atau malah masih akan sama saja. Jadi bulan-bulanan Ducati dan Honda. Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro