Duo Petronas Yamaha Pimpin Sepang Test Hari Pertama

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Hari ini sirkuit Sepang Malaysia kembali diriuhkan dengan raungan knalpot motor-motor prorotype MotoGP. Ini sekaligus menjadi penanda musim 2020 bakal segera bergulir. DariĀ  seharian tes yang digelar, duo Petronas Yamaha berhasil torehkan laptime tercepat dan memimpin hasil tes.

Yap, lagi-lagi si rookie 2019 nan fenomenal Fabio Quartararo yang berhasil mendobrak laptime tercepat hari pertama di Sepang. Pembalap yang mendapat motor ‘factory-spec’ ini menggebrak dengan catatan laptime di angka 1m58.945 detik. Rekan setimnya Franco Morbidelli menempel ketat di posisi dua dengan selisih 0.051 detik saja.

Pembalap Ecstar Suzuki Alex Rins menempel di posisi tiga. Pembalap bernomor 42 tersebut terpaut waktu 0.250 detik dari El Diablo. Di belakangnya kemudian berderet Cal Crutchlow (LCR Honda), Jack Miller (Pramac Ducati), dan Maverick Vinales (Monster Yamaha).

Yang tak kalah menarik adalah duet dua bersaudara beda pabrikan. Adalah Aleix dan Pol Espargaro. Seperti direncanakan, keduanya kompak mengisi posisi tujuh dan delapan di hari pertama tes Sepang 2020.

Aleix Espargaro dengan Aprilia RS-GP nya, yang masih sangat segar dari penggorengan tim Noale berhasil catatkan laptime di angka 1m59.427 detik atau terpaut 0.482 detik saja dari laptime tercepatnya Quartararo. Lagi-lagi,untuk motor yang baru beberapa kali turun di sirkuit, jelas Aprilia RS-GP punya potensi besar bertarung di papan depan.

Di belakang Aleix ada sang adik Pol Espargaro dengan KTM RC16 GP model 2020 nya. Motor ini dibekali dengan sasis baru mirip deltabox, aerowinglet baru dan front cowl fenomenal layaknya fiber carbon yang habis dikoyak hiu.

Posisi 9 sendiri diisi pembalap Esctar Suzuki Joan Mir serta Valentino Rossi yang tampil dengan helm baru (versi tes) mengunci 10 besar dengan laptime di angka 1m59.569 detik atau terpaut jarak 0.624 detik dari Fabio.

Di hari pertama tes ini baik duo Marquez dan pasukan Ducati masih terlempar dari 10 besar. Sepertinya mereka masih fokus sama beberapa pengembangan yang sedang dijejalkan ke tunggangan masing-masing.

Marquez bersaudara hanya menempati posisi 12 dan 13, sementara Dovisiozo dengan Ducatinya menempati posisi sebelas. Petrucci si rekan setim Dovi hanya menempati posisi 14 di depan tester KTM Dani Pedrosa. (mmz)

15 thoughts on “Duo Petronas Yamaha Pimpin Sepang Test Hari Pertama

Tinggalkan Komentar di sini