Akhir-akhir ini Sering ada Razia? Gak usah Heran, lagi ada Operasi Patuh Semeru 2020 di Jatim

Diposting pada

 

MOTOMAZINE.COM – Masbro, Sampean mungkin kaget kenapa akhir-akhir ini sering sekali ada razia dari pihak Polantas? Ora usah heran, apa lagi memaki dan mencaci. Di Jatim memang sedang digelar Operasi Patuh Semeru tahun 2020. Jadi ya hampir tiap hari pasti ada razia. Ngono masbro…

Operasi Patuh Semeru sendiri menjadi program lanjutan dari Operasi Patuh yang digelar serempak di Indonesia. Sasarannya pasti sama saja, berbagai tindak pelanggaran dari pengendara kendaraan bermotor. Bisa motor atau bahkan mobil.

Kalau merunut Operasi Patuh sebelumnya sih tentu saja razia menyasar  pada kelengkapan berkendara seperti SIM dan STNK. Untuk pengendara motor tentu saja sampean wajib memakai helm berstandar SNI dan dikancingkan hingga berbunyi klik.

Baca juga : Pemotor dengan Helm tak ber-SNI bisa dibui Sebulan

Selain itu di tengah masa pandemi seperti sekarang ini sampean juga wajib memakai masker bahkan juga sarung tangan. Beberapa waktu lalu saya mendapat share postingan dari salah satu dulur yang berada di wilayah Malang sana, dan masker plus sarung tangan masuk dalam priorotas pelanggaran.

Untuk satu ini saya sendiri belum membuktikan. Bolehlah besok atau kapan saya muter-muter nyari razia guna menanyakan kebenaran masker dan sarung tangan ini. Wkwkwk…

Oh ya, untuk pengemudi mobil sampean juga diwajibkan memakai safety belt. Gak ada tawaran lagi untuk yang satu ini. ‘Siapapun anda’ Seharusnya sih… 😆

Last, operasi Patuh Semeru sendiri dihelat mulai tanggal 23 Juli sampai dengan 5 Agustus 2020. Meski  disebutkan ada spesialisasi di masa pandemi ini, tapi sampean gak boleh ceroboh.

Spesialisasi di sini maksudnya dalam razia tersebut 80% tindakan diutamakan untuk tindakan preventif, sedangkan 20% baru penindakan tegas. 20% penindakan ini dilakukan jika pelanggaran sudah mengarah ke ranah membahayakan dan bisa menyebabkan kecelakaan. 

Berkendara dalam kondisi di bawah pengaruh alkohol misalnya, atau berkendara sambil mengoperasikan HP mungkin, itu jelas mengarah pada tindakan menyebabkan kecelakaan. 

Lha kalau gak pakai helm? Apakah itu menyebabkan kecelakaan juga? Kalau nggak pakai helm bukannya menyebabkan kecelakaan sih..Cuman kalau sampai kecelakaan ya… paling tidak bisa ambyar. So, kira-kira ditilang nggak?

jangan begini juga

Baca juga : Boleh Gak sih Polisi Nyabut Kunci Kendaraan saat Razia?

Kalau jam pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2020 sih bebas. Bisa pagi menjelang siang, atau siang menjelang sore. Yang pasti selalu siapkan fisik, kendaraan dan kelengkapan berkendara kita. Gak usah cari masalah atau bahkan membuat masalah. Lagi-lagi, siapapun itu anda. Semoga paham. (mmz

Tinggalkan Komentar di sini