Jadi ini Wujud AEROX 155 Facelift 2021. Tanpa RDB?

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Sedang panas menjadi perbincangan seantero jagad biker tanah air. Setelah sekian lama tersembunyikan akhirnya Yamaha NVX 2021 aka AEROX 155 versi 2021 untuk pasar Indonesia terjepret juga. Kalau sampean perhatikan secara desain keseluruhan sepertinya tak ada ubahan yang mencolok. Walaupun kalau mau meneliti lebih dalam, halah, ada beberapa update yang menurut saya justru mengurangi aura sporty si AEROX. Entahlah, semoga tukang fotonya saja yang kurang pandai ambil angle foto si AEROX 2021 ini.

Sayangnya foto yang terlampir hanya memperlihatkan bagian depan saja. Bagian samping apalagi belakang belum terlihat sama sekali. Namun dari gambar yang terlampir setidaknya kita bisa menelaah seperti apa sih Yamaha AEROX facelift nanti.

Baca juga : Yamaha AEROX Facelift. Apa sih yang diharapkan? Cakram Belakang atau Suspensi Tunggal

Wes langsung saja. Yang paling banyak mendapat revisi dari AEROX facelift adalah bagian depannya. Lampu yang menyipit dan sporty banget AEROX facelift berganti menjadi mata belo mirip headlamp motor tetangga. Bentuk reflektor menjadi lebih lebar dan menyudut ke dalam. Wes silahkan bayangkan headlamp tetangga atau mobil-mobil bermerk sama. Sebut saja New Mobilio.

Dasi depan juga mendapat banyak rombakan. Dasi depan AEROX current yang sempit dan lancip berganti menjadi dasi yang lebih lebar dengan lubang. IMHO lubang klakson untuk mengejar kesan sporty layaknya sebuah lubang air ram.

Aerox 155

Pada bagian samping kita bisa melihat sayap yang juga terevisi cukup jelas. Sayapnya mengadopsi model dual layer layaknya R1. Yaps, menurut beberapa selentingan yang masuk Yamaha memang sengaja mendesain AEROX 155 VVA facelift layaknya keluarga R-series. Ora usah mbatin… Iyain aja…

Selanjutnya posisi sein depan masih pada tempat yang sama. Lampu kot alancip-lancip di atas sayap sepertinya bakal berganti jadi lampu alis yang melebar di atas headlamp (CMIIW).

Rem belakang belum RDB

Yang menjadi salah satu penantiann terbesar biker tanah air tentu saja Rear Disc Brake (RDB). Meski ganteng dan sporty bener, satu kekurangan AEROX 155 current adalah nihilnya rem belakang cakram. Yoi, rem belakang AEROX 155 current masih pakai drum brake alias tromol. Secara praktik rem tromol Yamaha memang pakem, bahkan lebih pakem ketimbang rem cakramnya (pengalaman pribadi bareng Sinchan).

Tapi ingat, ini Indonesia masbray… Biker tanah air sangat konsen dengan tampilan. Dan seharusnya faktor ini bisa menjadi pertimbangan kuat Yamaha dalam menelurkan produk-produk terbaru.

Baca juga : Bocor 2 Warna Baru Calon MX King 155 Facelift

Oh ya, kenapa mmz menduga Yamaha NVX 2021 atau AEROX 155 facelift 2021 ini tak pakai rem belakang cakram. Monggo silahkan pantengin foto terlampir di atas. Pada bagian belakang sama sekali tak ada kilauan-kilauan logam sebagai pemangku piston rem cakram belakang.

Yang paling kentara tentu saja handle rem kiri. Dari foto tersebut kita bisa melihat kalau handel rem kirinya polos, tak tersembul wadah minyak rem aka master rem belakang. Masih berharap remnya cakram? Ya kaleng Om, lha wong Spyshot NVX facelift terlampir ini adalah tipe R. Terlihat dari paduan warna biru dan silver Yamaha juga suspensi belakang tabung. So, ya… berdoa saja. Semoga saat rilis di Indonesia nanti Yamaha AEROX 155 VVA facelift model 2021 sudah pakai rem belakang cakram. Semoga berguna (mmz)

Tinggalkan Komentar di sini