New Fortuner Dan New Kijang Innova Resmi Rilis. Berikut Tipe dan Harganya

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19 PT Toyota Astra Motor (TAM) berkomitmen terus mendukung mobilitas dengan melakukan penyegaran produk untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Setelah meluncurkan New Hilux di akhir bulan Agustus 2020 lalu, Toyota melengkapi series produk Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV) dengan meluncurkan New Fortuner dan New Kijang Innova. Dua market leader di masing-masing segmennya tersebut kini tampil lebih kokoh dan semakin nyaman. Improvement pada eksterior, interior, safety membuat New Fortuner dan New Kijang Innova tak hanya tampil makin mengesankan, sekaligus juga kian prestisius dan elegan.

“New Fortuner dan New Kijang Innova merupakan wujud komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond. Sebuah kebanggaan bagi kami dapat mempersembahkan kedua produk yang dibuat dan dipakai oleh bangsa Indonesia sendiri, bahkan juga digunakan oleh berbagai negara lainnya,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Mr. Susumu Matsuda.

Fortuner dan Kijang Innova merupakan bagian dari proyek global Toyota di bawah naungan Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV). Bersama New Hilux yang mendukung mobilitas bisnis, ketiganya adalah bagian dari program IMV yang memberikan keleluasaan pada Toyota untuk mengembangkan 3 segmen produk dari platform yang sama. Sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia, ketiga produk ini telah berhasil mencatat penjualan total lebih dari 2,2 juta unit.

Baca juga : Corona Takedown Avanza sebagai Mobil Terlaris. Siapa Penggantinya?

Selain itu, kedua produk ini juga menjadi market leader di segmennya masing-masing, Pada periode Januari hingga Agustus 2020, Kijang Innova berhasil menguasai 94% pangsa pasar Whole Sales Medium MPV dengan angka penjualan 17.619 unit. Sementara itu, Fortuner berhasil mencatat pangsa pasar 41,1% di segmen High SUV dengan angka penjualan 6.807 unit.

“Kedua produk ini merupakan produk yang sangat sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia dimana Fortuner dikenal dengan ketangguhannya sementara Kijang Innova merupakan mobil legendaris pilihan keluarga Indonesia. Untuk itu kami melakukan pembaruan pada New Fortuner dan New Kijang Innova dengan tetap mempertahankan DNA kedua mobil ini, namun juga menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan saat ini serta tren yang senantiasa berkembang. Kami harap baik New Fortuner dan New Kijang Innova dapat menjadi pilihan terbaik dalam mendukung mobilitas keluarga Indonesia,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Bapak Henry Tanoto.

New Fortuner

Sejak awal Toyota Fortuner dirancang sebagai kendaraan SUV dengan kapasitas 7 penumpang yang tidak hanya mampu melintasi segala medan, tapi juga menjadi kendaraan yang nyaman untuk digunakan dalam mobilitas sehari-hari. Salah satu bukti ketangguhan New Fortuner adalah partisipasi SUV gagah ini di ajang lomba balap Asia Cross Country Rally bersama pembalap Takuma Aoki, yang dulunya juga menjadi pembalap motor GP500 (sekarang Moto GP).

Rute Asia Cross Country Rally didesain melewati berbagai macam kondisi jalan hutan, rawa, menyeberangi sungai dan juga padang pasir. Tidak hanya itu, peserta juga akan dihadapkan pada cuaca yang tidak bisa diprediksi dan membuat medan lomba kian menyulitkan. Tidak heran bila reli ini disebut sebagai Reli Dakar versi Asia. Seperti keikutsertaan New Hilux di Reli Dakar, Toyota membuktikan ketangguhan performa New Fortuner di semua rute Asia Cross Country Rally dan memperoleh banyak informasi berguna untuk pengembangan New Fortuner sesuai dengan filosofi to make ever-better cars.

Kini dengan berbagai improvement, DNA New Fortuner tampil lebih kuat dan semakin nyaman dan desain eksterior memberikan kesan yang lebih tangguh dan prestisius. New Fortuner memperoleh sentuhan dari segi desain untuk memperlihatkan sisi ketangguhan dan kemewahan SUV gagah ini. Grille dan garnish pada lampu LED dibuat lebih besar dengan desain baru yang lebih segar sehingga tampak kian dominan dan berkelas. Penyegaran rupa terlihat pada New Front Bumper Design, New Radiator Grille Design, New LED Head Lamp Design, New LED Fog Lamp Design, serta penambahan ornamen chrome pada bumper, grille, dan fog lamp. Sentuhan diberikan pada semua model, bedanya pada TRD Sportivo garnish chrome berkelir dark.

Pada bagian samping, perubahan terlihat pada aplikasi velg alloy 18 inchi baru yang menguatkan kesan tangguh dan mewah di tipe TRD Sportivo. Outer mirror seluruh model memakai kelir sewarna bodi sedangkan TRD Sportivo memakai kelir hitam. Warna hitam juga dipakai pada step dan step cover TRD Sportivo dan G, sementara tipe lainnya mengaplikasikan warna silver.

New LED Rear Lamp Combination memberikan siluet tampilan di malam hari yang advance dan classy. Bumper belakang tipe TRD Sportivo memperoleh tambahan spoiler, termasuk backdoor garnish seluruh model disematkan warna chrome dan black chrome untuk TRD Sportivo. Fitur Kick Sensor dan Power Back Door yang dapat membuka pintu bagasi secara otomatis yang sebelumnya ada di tipe TRD Sportivo, sekarang sudah dimanfaatkan juga oleh tipe VRZ dan SRZ.

Sentuhan kemewahan begitu terasa ketika masuk ke dalam kabin New Fortuner. Kecuali tipe G yang memakai bahan fabric warna dark grey, model lain menggunakan bahan kulit hitam. Sentuhan premium dan presisi terdeteksi pada New 4.2 Inch Meter Cluster Design, dilengkapi beberapa improvement seperti New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display. Sentuhan modern pada area kokpit ini meningkatkan antusiasme pengemudi saat berada di balik kemudi.

Tidak hanya mewah, New Fortuner dilengkapi pula dengan fitur yang memanjakan penumpang. Menjadi yang pertama di segmen High SUV, terdapat fitur wireless charger yang memberikan kemudahan isi ulang baterai smartphone tanpa kabel. Head unit with 9 Inch Screen Display memiliki fitur konektivitas Miracast dan SDL, voice command, Surround Monitor, sedangkan untuk varian VRZ, SRZ dan TRD Sportivo memiliki tambahan fitur NFC dan Smartphone Connection. Front Seat Power Adjuster untuk mengubah posisi duduk bangku depan secara otomatis, Rear Seat Entertainment with Illumination, dan Electro Chromic Mirror sebagai fitur anti silau mengemudi di malam hari. Semua pembaruan tersebut tersedia di model SRZ, VRZ, dan TRD Sportivo, sementara spion anti silau untuk semua model.

Surround Monitor tidak hanya dapat membantu ketika parkir saja, tapi juga menghadirkan beberapa fitur yaitu Blind Spot Detection (BSD) untuk mendeteksi objek di area blind spot kendaraan, Lane Departure Warning (LDW) untuk mendeteksi jalur yang dilalui, Moving Object Detection (MOD) untuk mendeteksi objek bergerak di sekitar mobil, dan Headway Monitoring Warning (HMW) untuk memantau jika ada mobil lain masuk ke dalam area safety New Fortuner. Seluruh fitur tersebut akan memberikan peringatan dini pada pengemudi ketika mobil tidak dalam posisi aman saat menggunakan Surround Monitor.

New Fortuner juga menyematkan safety feature terbaik di kelasnya, baik untuk model 4×2 maupun 4×4 yang sangat mumpuni di medan off-road. Aplikasi Variable Fluid Control (VFC) pada power steering tipe TRD Sportivo, VRZ, dan G membuatnya begitu mudah dan nyaman dikendalikan di berbagai tingkat kecepatan, termasuk saat manuver di medan berat. Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), Traction Control (TRC) terdapat di semua model. Tipe VRZ 4×4 memperoleh tambahan fitur Limited Slip Differential, sedangkan 7 Airbags terdapat di tipe VRZ 4×4 dan G 4×4.

Mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm memperoleh sentuhan berupa penggunaan sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat. Langkah meningkatkan efisiensi mesin berikutnya adalah adopsi electronically controlled common-rail injection system dengan tekanan hingga 250 MPa yang membuatnya semakin irit bahan bakar.

New Kijang Innova

Sebagai Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-seater legendaris Tanah Air, Kijang Innova tidak hanya dipakai di Indonesia tapi juga di banyak negara lain. Kijang Innova merupakan pilihan utama mayoritas keluarga Indonesia yang mendambakan sebuah Medium MPV yang nyaman dan premium.

Sejak awal diluncurkan di tahun 1977, MPV ini dikembangkan berdasarkan berbagai macam kebutuhan mobilitas keluarga Indonesia dengan tetap mempertahankan DNA-nya yaitu durability, comfortability, dan peace of mind selama 43 tahun. Hingga saat ini, MPV legendaris ini telah terjual hampir 2 juta unit.

Seiring dengan perkembangan kebutuhan mobilitas keluarga Indonesia yang dinamis, kini New Kijang Innova tampil lebih prestige premium dan cool tough dengan beberapa pengembangan pada sisi kenyamanan, fitur, dan desain eksterior maupun interior yang tak hanya menjanjikan pengalaman berkendara bersama keluarga yang nyaman, namun juga menciptakan prestigious feeling bagi pelanggan.

New Kijang Innova hadir dengan penambahan varian baru yaitu Luxury Grade (G Luxury Gasoline dan V Luxury Gasoline) yang dilengkapi dengan captain seat di kabin tengah yang sebelumnya hanya ada di tipe Q dan Venturer. Hadirnya varian baru ini tak hanya memberikan tambahan pilihan bagi pelanggan namun juga menawarkan kenyamanan kabin lebih baik bagi keluarga Indonesia.

New Kijang Innova Luxury dan New Venturer juga dibekali dengan Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang dapat meningkatkan kualitas udara di dalam kabin mobil serta dapat bekerja secara otomatis sehingga akan langsung bekerja ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara dalam kabin. Healthy feature ini sangat pas untuk menambah kenyamanan bagi anggota keluarga saat bermobilitas.

Lebih lanjut, New Kijang Innova juga dilengkapi dengan ubahan pada sisi eksterior dan interior yang membuatnya tampil lebih premium dan prestigious. Pada sisi eksterior, seluruh varian New Kijang Innova mendapatkan beberapa sentuhan mulai dari New Grille Design with Dark Gray Paint and Chrome List Ornament, New Side Turn Signal Lamp Design with Black Ornament, hingga New Two Toned 16″ Alloy Wheel.

Pada varian V, New Kijang Innova mendapatkan sentuhan tambahan berupa New Day-time Running Light, New Front Bumper with New Illuminating LED Fog Lamp, New Rear Combination Lamp with Black List, New Backdoor Black Paint Ornament, dan New Rear License Garnish. Sementara pada varian G, terdapat ubahan berupa New Front Bumper with Halogen Fog Lamp.

Khusus untuk Luxury Grade, New Kijang Innova dibekali dengan ubahan yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih baik pada sisi interior melalui New Black Color Captain Seat, New Seat Table, New Instrument Panel with Wooden Ornament, dan New Luxury Emblem pada sisi belakang eksterior.

Di sisi lain, New Venturer menyajikan penampilan premium tough melalui ubahan eksterior berupa New Distinctive Front Grille with New Bumper Spoiler Package, New Illuminating LED Fog Lamp, New Sleek Rear Spoiler, New Rear License Garnish, New Backdoor Ornament Shape, dan New Day-time Running Light. Lebih lanjut, New Venturer mampu tampil begitu dominan di jalan berkat New Dynamic 17″ Alloy Wheel yang menguatkan tampilan cool dan tough.

Pada sisi interior, New Kijang Innova varian G dan V kini hadir dengan New Noble Brown Seat Color yang menguatkan kesan premium. Sedangkan pada New Venturer, kini telah dibekali New Black Evaporated Leatherette Seat with a Red Stitch dan New Darker Color Wooden Panel yang membuatnya tampil elegan dan eksklusif.

Tidak berhenti di situ, New Kijang Innova dan New Venturer juga didukung dengan sistem hiburan yang advance serta fitur safety terbaik di kelasnya. Sistem hiburan varian G kini dibekali dengan New 8″ Head Unit dengan Radio, USB, Bluetooth, dan Mirroring. Sementara pada varian V menggunakan New Versatile 9″ Head Unit yang telah mengadopsi teknologi Miracast dan Smart Phone Connection. Khusus untuk varian New Venturer, menggunakan New Comprehensive 9″ Head Unit yang telah dilengkapi dengan fitur NFC.

Pada sisi safety, seluruh varian New Kijang Innova dan New Venturer kini telah dilengkapi dengan fitur Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Khusus untuk New Venturer, terdapat tambahan fitur safety berupa Dual, Knee, Side, dan Curtain Shield Airbags.

Total Mobility Solution New Fortuner dan New Kijang Innova

Dalam memberikan solusi mobilitas kepada pelanggan, Toyota tidak hanya berhenti dengan menghadirkan ever-better cars tapi juga menghadirkan berbagai macam layanan pendukung mulai dari sales hingga aftersales.

Pada sisi aftersales, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menghadirkan jaringan 333 outlet resmi untuk melayani pelanggan serta bisa menikmati semua keuntungan yang ditawarkan seperti gratis servis berkala sampai dengan servis berkala ke-6 maksimum 4 tahun atau 50.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu) yang termasuk di dalamnya gratis biaya jasa dan suku cadang.

Lebih lanjut, Toyota juga menghadirkan layanan aftersales yang memberi kemudahan kepada pelanggan yang ingin melakukan servis tanpa perlu datang ke bengkel resmi Toyota melalui layanan Toyota Mobile Service (TMS) dan Pick Up/Delivery. Tidak hanya itu, terdapat juga program Car Care Engine Room Treatment dan juga TMO Cabin Disinfectant dimana pelanggan bisa dapat diskon kurang lebih 10% untuk pembersihan mesin atau produk disinfectant ke dalam cabin kendaraan pada saat servis. Selain itu, terdapat juga program Toyota Tire Solution dimana pelanggan akan mendapatkan gratis biaya jasa dan balancing beserta tambahan layanan gratis berupa light check up dan carwash saat mengganti ban baru.

Dari sisi penjualan, Toyota juga memberikan kemudahan melalui program Deal Cermat yang dapat memberikan solusi menyeluruh kepemilikan mobil baru Toyota, yaitu mudah, tenang, dan hemat. Melalui program ini, pelanggan dapat memiliki kendaraan dengan cicilan 30% lebih ringan dibandingkan dengan paket regular. Program Deal Cermat menghadirkan kemudahan kepemilikan mobil tanpa perlu memikirkan biaya-biaya turunan yang sering membuat repot, bahkan saat ingin membeli mobil baru selanjutnya di masa depan.

Solusi berikutnya adalah KINTO dimana pelanggan dapat menggunakan mobil baru dengan cara berlangganan, terutama untuk pelanggan individu. KINTO hadir untuk melengkapi gaya hidup baru dalam menggunakan kendaraan dengan jangka waktu lama secara fleksibel dan mudah, dimana pelanggan dapat mengendarai mobil yang mereka suka layaknya mobil pribadi.

Selain itu, Toyota juga menawarkan program Toyota Customization Option (TCO) yang bisa membuat tampilan New Kijang Innova dan New Fortuner berbeda dan lebih eksklusif dari yang lain. Program TCO menyediakan beberapa aksesoris dengan kualitas produk terjamin. Menariknya, aksesoris yang dipilih ini akan langsung terpasang pada saat pembelian mobil, lengkap dengan garansi 3 tahun atau 100.000 km.

“Sebagai perusahaan mobilitas, Toyota tidak hanya berkomitmen dalam menghadirkan produk-produk dengan kualitas dan reliabilitas yang baik saja, tapi juga berkomitmen untuk memberikan solusi mobilitas yang lebih lengkap, mudah, nyaman, dan sesuai kebutuhan para pelanggan Toyota sehingga menciptakan peace of mind” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Bapak Anton Jimmi Suwandy.

Baca juga : Ngerem Mobil Matic sebaiknya Pakai Kaki Kanan atau Kiri?

So, buat yang sudah mennatikan hadirnya duet jempolan New Fortuner dan New Kijang Innova, inilah waktu yang tepat buat meminang salah satunya. Atau keduanya malah. Hahaha… Oh ya, untuk New Fortuner Legender hanya ada di Thailand sana ya. Indonesia gak kebagian versi Legendernya. Tapi tenang, tetep ganteng kok. Semoga berguna (mmz).

Tinggalkan Komentar di sini