Curi Start, inilah Bentuk Honda RC213V Versi 2021

Diposting pada

Motomazine.com – Tim Repsol Honda MotoGP baru saja curi start, halah maksutnya ngetes duluan motor prototype yang akan mereka siapkan untuk Marc Marquez dan Pol Espargaro musim 2021 ini. Dan melalui Bradl, inilah bentuk Honda RC213V versi 2021.

Honda hadir dalam tes Jerez bersamaan dengan pembalap WSBK. Stefan Bradl punya keleluasaan karena dia berstatus sebagai pembalap tes, bukan pembalap resmi. Dan entah kenapa cuman RC213V versi 2021 saja yang ikut nimbrung. Apa karena pandemi ini ya? Jadi mobilitas pabrikan lain agak terkendala…

Yang pasti dari jepretan yang disajikan oleh GPOne dan Paddock GP, di sana terlihat Stefan Bradl menunggangi Honda RC213V yang berbeda pada beberapa area.

Update Honda RC213V versi 2021

Dari depan memang minim ubahan. Dari lubang air ram sampai aero fairing masih mirip sama RC213V versi 2020. Yang kemudian membedakan adalah saat kita melihat sasis. Sasis aluminium twin spar yang menggendong mesin RC213V terlihat lebih mulus tanpa carbon penguat.

Beralih ke bagian bawah, cowl atau fairing bawah juga lebih panjang sampai ‘menyatu’ ke swingarm yang kini terlihat lebih gede dan tebal. Kayaknya bukan carbon. Atau hanya kamuflase balaka? Entahlah..

Kemudian beralih ke bagian pengereman belakang. Disk brake ‘buntet’ (vent disk) kini mendapat pendinginan melalui corong yang mengalirkan udara dari area bawah swingarm. Termasuk juga hadirnya sendok pada swingarm RCV teranyar ini. Oh ya, mud guard aka hugger juga lebih lebar sampai menutup sebagian cakram belakang.

Berpindah ke atas. Nah ini… Satu yang menjadi perhatian khusus adalah muffler belakang dengan silincer lebih panjang hingga keluar dari area cover belakang si RC213V. Masalah silincer knalpot yang lebih panjang tentu sampean sudah lebih paham apa tujuannya.

Sementara yang terlihat cuma itu sih. Selebihnya belum bisa terihat apa lagi yang baru pada Honda RC213V versi 2021 ini. Yang pasti mesin sudah tak bisa dikembangkan lagi. Semua pabrikan hanya bisa bermain pada geometri, suspensi, swingarm, sasis, knalpot maupun aerodinamika.

Pada tes Jerez ini Bradl hanya melakukan 5 putaran dengan ban basah. Ya, sirkuit Jerez kemarin mendapat guyuran hujan yang cukup awet hingga pasukan WSBK saja sama sekali tak turun ke trek dan lebih memilih melakukan set up di dalam pitbox.

Last, tes pramusim MotoGP sesi Sepang yang seyogyanya digelar pada bulan Februari dipastikan batal. Dan kemungkinan baru akan hadir pada tes resmi Qatar bulan Maret mendatang. Itupun kalau pandemi telah terkendali. (mmz)

Artikel terkait:

Tinggalkan Komentar di sini