AHM Boyong CBR600RR ke Tanah Air. Dibanderol Rp 550 Juta berikut Spesifikasi dan Fiturnya

Diposting pada

Motomazine.com – Setelah lama menunggu akhirnya biker Indonesia yang demen banget sama supersport 600cc bisa bernapas lega. Pasalnya AHM secara resmi memboyong New Honda CBR600RR ke tanah air. Motor supersport terbaru Honda dengan piranti winglet ini dibanderol hingga setengah milyar rupiah. Dengan spesifikasi jempolan yang siap untuk nyirkuit, Honda CBR600RR terbaru bakal manjakan ridernya dengan seabreg fitur yang dibawa.

Spesifikasi dan Fitur New Honda CBR600RR

New Honda CBR600RR mengusung mesin baru DOHC 599cc 4-silinder dengan tenaga maksimal tembus89 kW (121 PS)/14.000 rpm. Motor ini memiliki torsi puncak yang sangat besar mencapai 64 Nm (6.5 kgf.m)/11.500 rpm. Beberapa perubahan pada komponen mesin termasuk di antaranya mengubah desain camshaft dan crankshaft guna meningkatkan percepatan putaran, bentuk inlet port, memperbesar diameter throttle bore, optimalisasi ukuran berbagai bagian pipa knalpot hingga ubahan pada pengaturan waktu bukaan katup (valve timing) menjadikan CBR600RR semakin bertenaga di sepanjang sejarahnya.

Penyematan lampu menggunakan teknologi LED, didesain semakin tajam kuatkan kesan aggresif. New Honda CBR600RR ini juga dilengkapi dengan panel meter besar layar TFT full digital menjanjikan visibilitas yang semakin mudah berkat tingkat penerangan layar yang otomatis menyesuaikan kondisi cuaca sekitar. Layar penunjuk informasi ini mampu menampilkan 2 mode yang bisa dipilih, yakni Street dan Circuit.

Dilengkapi assist/ slipper clutch, yang membuat pengoperasian tuas kopling semakin ringan, sekaligus mengurangi efek engine brake saat pengendara menurunkan gigi transmisi. Throttle by wire menjadi peranti wajib sepeda motor sport premium Honda, guna mendapatkan bukaan gas yang makin presisi.

CBR600RR juga sudah dibekali sensor Inertial Measurment Unit (IMU) untuk mendeteksi posisi angle sepeda motor. Komponen ini bekerja bersama Honda Selectabe Torque Control (HSTC) dan Engine Control Unit (ECU), menjaga ban belakang tidak selip ketika berakselerasi dan menikung. Perangkat tersebut juga meminimalisasi ban depan terangkat saat akselerasi berlebihan.

Terdapat tiga mode berkendara yang memberikan kenyamanan dan sensasi berkendara yang tinggi, yakni Fast Riding, Fun Riding, dan Comfortable Riding. CBR600RR juga memberi opsi bagi pengendara untuk membuat mode berkendara sendiri sesuai karakter berkendaranya melalui dua slot yang dapat mengatur tenaga (5 level), HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off), dan engine brake (3 level).

Penyematan fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada CBR600RR menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak, dimana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Pada peranti rem naik kelas dari generasi sebelumnya. Posisi depan  sudah dilengkapi double disc brake diameter 310mm plus Antilock-Braking System (ABS), dengan kaliper 4 piston. Sedangkan pada posisi belakang juga dilengkapi rem cakram diameter 220 mm berkaliper piston tungal, plus ABS.

CBR600RR juga dilengkapi Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga mode penyetelan (hard, medium, soft). Komponen ini bekerja bersama IMU dan sensor kecepatan untuk menambah kestabilan saat melaju pada kecepatan tinggi dan menikung.

Kekayaan fitur lainnya pada lengan ayun (swing arm) terbuat dari bahan aluminium yang memberikan bobot ringan dan rigid sehingga memberikan kenyamanan handling dalam melakukan manuver berkendara. Kestabilan juga didukung suspensi depan Showa Inverted Telescopic dan suspensi belakang Showa Pro-Link with Gas-Chamber. Semua suspensi dapat disesuaikan kompresi dan rebound-nya.

So, setelah Honda CBR1000RR-R dengan sangat yakin AHM juga ngeboyong si New Honda CBR600RR. Sebab berkaca dari Fireblade R3 yang laku, sepertinya si Supersport 600cc ini juga gak akan kalah laku. Ya walaupun harganya nembus Rp 550 juta. (mmz)  

Artikel terkait:

2 thoughts on “AHM Boyong CBR600RR ke Tanah Air. Dibanderol Rp 550 Juta berikut Spesifikasi dan Fiturnya

  1. itu harga aslinya nya cuma 300 juta + pajak. untuk brand jepang made in india tetap saja ga worth it harga segitu.

Tinggalkan Komentar di sini