Quartararo Raih Pole, Kualifikasi MotoGP Lemans jadi Saksi Ganasnya Akamsi

Diposting pada

Motomazine.com – Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo is back to business. Pembalap berjuluk el Diablo ini suguhkan performa mencengangkan saat lakoni sesi kualifikasi MotoGP Le Mans, Perancis. Fabio berhasil sabet pole position dan mentasbihkan dirinya sebagai pembalap tercepat. Bahkan dalam kondisi lintasan yang tak menentu. Le Mans jadi saksi ganasnya akamsi.

Sesi kualifikasi MotoGP Perancis dihelat dalam kondisi setengah basah setengah kering. Dalam kondisi beginilah insting gambling pembalap benar-benar diuji.

Cukup mencengangkan di awal adalah duo Petronas Yamaha. Rossi dan Morbidelli memilih untuk memakai ban slick soft. Saat pembalap lain memakai ban rain. Gila aslik.

Dan hasilnya duo Petronas tersebut langsung melesat ke depan. Rossi bahkan sempat catatkan waktu tercepat sebelum akhirnya doi terpeleset aspal basah di tikungan U terakhir.

Sesaat kemudian semua pembalap masuk ke pitlane dan berganti ban slick. Nah dari situlah catatan waktu terus mengecil.

Namun begitu tidak dengan Valentino. The Doctor sama sekali tak masuk ke pitlane dan memilih terus memacu ban soft depan belakang yang ia pakai sejak keluar dari paddock.

Padahal saat doi tergelincir bannya sempat keluar trek dan menyentuh gravel. Bisa jadi itu ban sudah tak sebersih sebelumnya. Fan hasilnya Rossi harus puas nongkrong di posisi 9. Mayanlah masuk 10 besar.

Surprise lain datang dari pembalap Italia, Lorenzo Savadori. Pembalap Aprilia tersebut masuk ke Q2 untuk pertama kalinya bareng rekan senegaranya dari Ducati Luca Marini.

Angkat topi juga untuk Maverick Vinales. Pembalap Monster Energy Yamaha ini menguntit rekan setimnya di posisi dua mengalahkan Jack Miller di posisi tiga.

So, kita tunggu saja akan seperti apa cuaca Le Mans saat balapan dihelat esok. Karena biasanya cuaca sama sekali tak tertebak. Dan jika balapan berlangsung dalam dua kondisi, flag to flag, jelas semua akan rancu dan pemenang pun sulit terprediksi. Kalau dalam kondisi begitu sih biasanya Marquez yang juara. (mmz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.