Penyekatan Efektif, Pemudik ke Jawa Turun sampai 74 Persen

Diposting pada

Motomazine.com – Musim mudik 2021 menjadi kenangan tersendiri bagi para perantau. Pasalnya mereka yang sudah kadung terjebak dalam kubangan 6 Mei harus lilo dan legowo untuk ‘njitep’ di tempatnya tanpa harus geger pulang kampung. Adalah penyekatan yang pemerintah lakukan penyebabnya. Tak pandang bulu, aparat terus menggiring dan menghalau pemudik yang hendak lewat. Hasilnya jumlah pemudik ke Jawa turun sampai 74 persen. Lhuk, suangar!

Adalah Kakorlantas Bapak Irjen Pol Istiono yang menyebutkan bahwa penyekatan mulai tanggal 6 Mei tersebut nyata mampu meredam pemudik. Lebih lanjut beliau mengatakan selama delapan hari penyekatan mudik jumlah pemudik yang menuju ke Jawa turun sampai 74 persen.

Baca juga:

Larangan Mudik diperpanjang, Siapa yang Boleh dan Tidak Boleh Mudik, Nih Rincian Lengkapnya

“Saya sampaikan bahwa operasi ketupat 2021 hari ke-8 , volume arus mudik turun yang menuju Jawa sekitar 74 persen. Yang menuju Jabar turun 100 persen dan menuju Perak turun 45 persen.” ujarnya dikutik dari Kompas.

Lebih jauh dari data analisis Kementerian Perhubungan sempat perkirakan akan ada 23 juta pemudik tahun ini. Namun angka tersebut sama sekali tak terbukti dan senyatanya hanya 1,5 juta orang saja yang bisa ‘keluar’dari Jakarta.

Pak Istiono juga menyebut kalau pengetatan yang dilakukan pada tanggal 24 April sampai 5 Mei 2021 terbukti efektif, ditambah lagi 381 titik penyekatan juga berjalan dengan maksimal.

“Ini artinya kesadaran masyarakat sudah bagus dan langkah-langkah tindakan kita untuk mencegah baik melalui kegiatan sosialisasi dan penindakan di lapangan sangat efektif,” lanjutnya.

Baca juga:

Tips Ganti Aki Motor secara Mandiri di Rumah. Gampang Kok

FYI, selama peniadaan mudik ini sebanyak 600ribu kendaraan semua jenis diputar balikk, termasuk 600 travel gelap.

Jadi kalau lebaran di tempat sampean sepi, itu wajar. Karena memang banyak sekali warga yang gak bisa keluar dari Jabodetabek. Entahlah, yang jadi pertanyaan sekarang adalah pas arus balik nanti. Bisa gak pemudik-pemudik ini balik lagi ke kota dimana ia kerja. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.