MotoGP Catalunya: Oliveira Juara, Rossi dan Marc Kompak, Fabio Buka Dada

Diposting pada

Motomazine.com – Jalannya race MotoGP Catalunya hari ini bisa dibilang cukup membagongkan. Banyak sekali kejadian tak terduga yang membuat para penikmat MotoGP mengernyitkan dahi. Mulai dari mengganasnya KTM lewat tangan Miguel Oliveira, Rossi dan Marquez yang kommpak tak dulang poin termasuk Fabio yang kena penalti akibat buka dada. Entahlah yang pasti menurut saya jalannya balapan hari ini sedikit riweh.

Sebelumnya good job untuk KTM dan Miguel Oliveira. Pembalap Red Bull KTM ini berhasil menjejak garis pertama dengan sukses menggeser Fabio. Sedari awal race dihelat, persaingan ketat memang terjadi antara Oliveira dan pembalap Yamaha Monster Fabio Quartararo.

baca juga:

Wajib Tahu, begini Fungsi TCS pada All New NMAX Connected-ABS

Sepertinya racikan sasis baru yang Pit Beirer dkk bawa untuk RC16 ini terbilang sukses. Yaps, entah karena faktor pembalapnya atau apa, nyatanya kiprah pembalap KTM pabrikan dan satelitnya terlihat jomplang cukup jauh. Tech 3 KTM sendiri hingga saat ini belum mendapat jatah sasis terbaru seperti yang Oliveira dan Binder gunakan.

Mengenaskan sekaligus sangat disayangkan adalah performa tuan rumah yang sebenarnya tak buruk-buruk banget. Marc Marquez. Ya, pembalap bernomor 93 ini sejatinya mempunyai kecepatan. Sayang sekali doi terjatuh sehingga membuatnya gagal mendulang poin.

Pun dengan Valentino Rossi. Berjibaku dengan adik Marquez untuk posisi 12, pembalap bernomor 46 tersebut malah ikut-ikutan ngegravel. Sepertinya Rossi melakukan pengereman reflek karena Alex Marquez yang berada di depannya melebar. Alih-alih melanjutkan balapan, Yamaha M1 tunggangan Rossi sudah remuk bagian belakangnya. Untung pembalap berusia 42 tahun tersebut masih sanggup acungkan jempol tanda doi baik-baik saja.

Menurut mmz man of the day kali ini justru jatuh ke pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco. Zarco seperti mendapat kecepatan baru di akhir-akhir lomba hingga mampu catatkan best lap time di angka 1m39.939 detik. Dengan kecepatan yang dimiliki, selain sukses menggeser rekan senegaranya, Quartararo, pembalap dengan nomor motor 5 ini juga hampir saja menyusul Oliveira untuk posisi pertama.

Quartararo sekarang. Aneh, sempat melebar saat bertarung dengan jack Miller, pembalap Yamaha ini terlihat justru membuang pelindung dadanya di tengah lintasan. Alhasil Fabio membalap selama beberapa lap terakhir dengan kondisi resleting werpak yang terbuka. Jelas ini sangat membahayakan dirinya sendiri. Untung saja doi bisa finish dengan selamat. kalau sampai terjatuh, terseret di aspal dan bergulingan di kerikil gravel, wes gak bisa dibayangkan apa yang akan terjadi.

baca juga:

Ikuti MAXI Yamaha Journey, Hadiahnya Iphone 12. Berikut Caranya

Akibat tindakannya ini Fabio dijatuhi sanksi berupa penalti 3 detik yang membuatnya harus rela kehilangan podium 3 atas jack Miller yang nempel ketat di belakangnya.

Dan berikut hasil lengkap motoGP Catalunya 2021:

Persaingan poin pembalap kali ini diisi oleh Fabio Quartararo di puncak klasemen dan Zarco menyusul di belakangnya dengan selisih 20 poin saja. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

One thought on “MotoGP Catalunya: Oliveira Juara, Rossi dan Marc Kompak, Fabio Buka Dada

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini