Kulifikasi MotoGP Valencia Martin Pole, Rossi 10

Diposting pada

Motomazine.com – Jalannya kualifikasi MotoGP Valencia kali ini terasa berbeda. Pasalnya ini adalah sesi kualifikasi terakhir beberapa pebalap sebagai rider MotoGP. Sebut saja Danillo Petrucci yang musim depan akan bergeser ke ajang Dakkar, dan tentunya si legenda hidup Valentino Rossi yang putuskan gantung helm mulai musim depan. Dan dari sesi kualifikasi 1 dan 2 keluarlah nama Jorge Martin menjadi pemuncak alias pole sitter GP Valencia 2021 ini.

Banyak drama terjadi di Valencia. Namun yang pasti dan tak terbantahkan adalah Ducati GP21 terlihat sangat kuat di sini. Tiga pembalapnya terus-terusan torehkan laptime tercepat.

Di awal ada Pecco Bagnaia dan Jack Miller yang terus saling susul, berlomba mencatatkan laptime terbaik. Pun hasil buruk ternyata menimpa mereka. Baik Pecco dan Miller sama-sama terjatuh dari GP21 mereka di menit-menit akhir. Hasilnya, Bagnaia hanya finish kedua, sementara Miller finish ketiga.

Tapi ya itu, Ducati benar-benar bak roket di Valencia ini. Bahkan seorang Pol Espargaro pun mengaku kesulitan mengimbangi kecepatan Ducati.

Perhatian penonton juga tak terlepas dari pembalap bernomor 46, Valentino Rossi. Ini adalah balapan terakhir Vale sebagai rider Yamaha MotoGP. Doi yang mencoba menempel Bagnaia untuk towing pun sama sekali tak mampu mengimbangi kecepatan muridnya tersebut.

Vale, yang di wearpack belakangnya ketambahan tulisan GRAZIE torehkan laptime di angka 1:30.746 detik. Lebih lambat 0.810 detik dari Jorge Martin yang mencetak laptime di angka 1menit29.936. Ya, setidaknya laptime Valentino Rossi masih setingkat lebih baik daripada muridnya,  Franco Morbidelli yang tempati posisi 11.

Balapan esok hari akan menjadi sejarah sekaligus momen spesial dan krusial bagi seorang The Doctor. Hingga saat ini Rossi masih memakai YZR-M1 versi livery standar. Entah apakah besok Vale akan memakai livery spesial layaknya dahulu saat doi memutuskan berganti tunggangan. Yang pasti besok akan ramai dan tentu banyak momen-momen spesial. #Grazie Vale 46! (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini