Tips Perlakuan Aman untuk Motor yang Kebanjiran ala STSJ

Diposting pada

Motomazine.com – Anomali cuaca yang semakin membagongkan akhir-akhir ini membuat hujan turun kapanpun dia mau. Apalagi ini adalah bulan Desmeber ya om, yang menurut orang Jawa dapat diartikan sebagai ‘Gedhe-gedhene sumber’. Yaps, sebuah pengejawantahan yang memang benar adanya. Sebab masuk bulan Desember biasanya curah hujan juga turun dengan tingginya. Nah, dampak hujan yang lebat tentu saja adalah banjir. Oleh karena itu, PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ menyebutkan bahwa dibutuhkan pertolongan pertama yang tepat guna menghindari kerusakan parah terhadap motor yang habis kebanjiran.

“Setiap pengendara harus memahami karakter dari kendaraannya masing-masing. Jika sekiranya ketinggian air melebihi tinggi dari knalpot kendaraan, lebih baik mencari alternatif jalan lain,” Ujar Dwi Suwanto selaku Instruktur Service Yamaha STSJ

Berikut tips yang diberikan oleh Yamaha STSJ :

  1. Jangan langsung menyalakan mesin motor.

Menyalakan mesin motor dalam keadaan banjir justru semakin memperburuk kondisi motor. Terlebih jika air melebihi tinggi mesin, kotoran dapat masuk ke bagian-bagian mesin sehingga berpotensi terjadi pengendapan yang nantinya membuat mesin menjadi berkarat.

  1. Bersihkan Bagian Mesin yang Penting

Konsumen dapat menyiram dengan air bersih sembari melakukan pengecekan dan membersihkan bagian motor yang penting seperti busi, filter udara, blok silinder, knalpot dan lainnya.

  1. Cek Bagian Kampas Rem

Kampas rem yang tergenang air kotoran, nantinya bisa mengeras setelah kering. Alangkah lebih baik jika kampas rem segera diganti agar komponen tetap berfungsi secara optimal.

  1. Cek Oli Kendaraan

Jika kendaraan terendam oleh banjir, penggantian oli sangat diperlukan. Oli yang tercampur dengan air akan merubah warna menjadi seperti susu dan berpotensi untuk menghambat kerja daripada mesin motor tersebut.

  1. Lakukan Pemanasan Kendaraan jika Sudah Normal

Buang air yang masuk di dalam karburator, lalu coba untuk panaskan motor selama 3-5 menit sebelum dicoba menaikan Rpm motor. Setelah itu lakukan perawatan/tune up kendaraan di bengkel resmi.

Jika konsumen setia Yamaha mengalami kesulitan dalam melakukan pengecekan terhadap mesin kendaraan, dapat menggunakan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY). Teknisi Yamaha akan membantu konsumen untuk melakukan pengecekan terhadap kendaraan.

Itulah beberapa tips atasi masalah yang mungkin timbul setelah motor menerjang banjir. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini