Tips Pakai Motor Kopling di Tanjakan. Expert jangan Ngakak

Diposting pada

Motomazine.com – Mengendarai motor kopling manual di tengah gempuran motor matic yang semakin merajalela bukanlah perkara mudah. Buat sampean yang expert mungkin tersenyum geli melihatnya. Namun untuk pemula yang belum mahir pakai motor kopling, setidaknya artikel ini bisa jadi referensi. Mmz kali ini mau ngebagi tips pakai motor kopling di tanjakan.

Namanya perjalanan tak selamanya menyajikan jalan aspal mulus nan datar. Ada kalanya kita dihadapkan dengan tanjakan maupun jalanan terjal. Dan saat itulah skill kita teruji.

Yamaha STSJ memberikan tips bagi pengendara motor kopling bagi pemula, yuk simak tips nya!

1. Kuasai perpindahan gigi 

Ketika pengendara melihat rambu tanjakan, pindahkan transmisi ke gigi satu atau dua. Jika tanjakan curam, gunakan gigi satu. Semakin tinggi tanjakannya, kerja mesin akan semakin berat. Tidak disarankan untuk menaikan persneling gigi karena membuat motor kehilangan daya dorong.

2. Gunakan rem belakang

Dalam kondisi jalanan yang menanjak, gunakan rem belakang ketika berhenti. Hal ini guna mencegah motor tidak bergerak mundur.

3. Jaga Jarak aman dengan kendaraan didepan

Menjaga jarak aman berguna untuk memberikan waktu bagi kendaraan didepan yang bergerak mundur. Sehingga pengendara bisa menghindar jika ada kejadian yang tidak diinginkan. 

4.  Jangan menyalip kendaraan saat berada di tanjakan

Jalanan yang menanjak seringkali membuat pengendara tidak bisa melihat kendaraan dari arah berlawanan.  Sehingga tidak disarankan untuk menyalip kendaraan ketika menanjak.

Itulah tips singkat cara mengendarai motor kopling di tanjakan. Yang terpenting adalah jangan panik, apapun yang terjadi. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini