Bagnaia Juara MotoGP Jerez, Aleix Espargaro yang Luar Biasa dan Selebrasi Marquez

Diposting pada

Motomazine.com – Balap MotoGP seri Jerez baru saja usai dan menempatkan Bagnaia sebagai juara seri Spanyol kali ini. Pembalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo menempel di posis dua dan Aleix Espargaro dengan Aprilia ada di posisi tiga. Yaps, luar biasa untuk Pecco hari ini. Sebab doi belum sepenuhnya pulih akibat cedera lengan yang ia dapatkan di Portugal kemarin.

Lap pertama Pecco langsung melesart meninggalkan Fabio di posisi dua. Bezzechi tampil cukup apik dengam bertahan di posisi delapan. Sayangnya Martin dan Bradl crash.

Fabio Quartararo terus menekan Bagnaia karena doi tahu Bagnaia belum 100 persen. Namun Ducati Pecco sepertinya sudah cukup mau diajak bertarung. Di lap kedua ini juga Marc yang saat ini ada di posisi empat catatkan fastest lap.

Jarak antara Fabio di posisi dua dan Miller di posisi tiga sudah mencapai 0,6 detikan. Yaps, Fabio dan Pecco terlihat bertarung sendirian karena kali ini giliran Pecco yang catatkan fastest lap.

Masuk lap ke empat belum ada ubahan posisi berarti. Pecco masih memimpin dengan race pace 0,12 detikan atas Fabio.Namun Fabio terlihat terus mencari celah menyalip Pecco dengan terus menempel pembalap Ducati tersebut.

Masuki lap empat jarak antara Fabio dan Miller sudah menembus 1,2 detikan. Terlihat sekali betapa Bagnaia dan Quartararo memang ada di race pace yang berbeda. Di lap empat inilah Darryn Binder kehilangan cengkeraman ban depan dan terlempar dari Yamaha nya.

Lap ke enam Marquez makin memperpendek jarak dengan Jack Miller. Terlihat Marc begitu ngotot untuk merangsek ke depan, sementara Miller dan Fabio sudah berjarak 2,4 detikan.Di barisan belakang Johann Zarco coba mengejar juniornya, Marco Bezzecchi.

17 lap jelang finish dan Bagnaia terlihat begitu nyaman dengan Ducati GP22 nya. Racing line pembalap VR46 Academy ini begitu tertata dan rapi. Bahkan racing line Pecco sangat mirip dan serapi Fabio yang nunggang Yamaha.Dall’Igna pasti senyum-senyum melihat ini. Meskipun Zarco juga tersungkur dalam usahanya mengejar Bez.

Masuki lap 9 Marquez terus mendekati Miller dan coba menekannya. Begitupun dengan Aleix Espargaro yang terus ngintil di belakang Marc. Aprilia sepertinya sudah sangat siap kehilangan hak konsesi. Setidaknya jika Aleix bisa masuk ke podium lagi.

13 lap jelang finish gap antara barisan pertama dan kedua sudah berjarak 5 detik. Yang seru di sini justru perebutan posisi tiga antara Miller, Marc dan kini Aleix yang semakin menempel.Segala usaha sudah Marc lakukan tetapi Miller sedikit lebih kuat kali ini.Wajar kalau Santi Hernandez ketar-ketir.

11 lap jelang finish dan Bagnaia masih memimpin setengah detikan di depan Fabio. Sementara pertarungan sengit masih berlangsung antara Jack Miller, Marc Marquez dan Aleix Espargaro. Mereka bertiga suguhkan race pace yang sangat mirip.

Di belakangnya masih berturut-turut Joan Mir, Takaaki Nakagami dan Marco Bezzecchi. Enea Bastianini ada di posisi sembilan disusul Brad Binder. Ya itulah 10 besar hingga lap ke 16 ini.

6 lap jelang finish dan pertarungan sengit masih terjadi antara Miller, Marquez dan Aleix Espargaro.Posisi belum berubah dan jarak ketiganya cenderung konstan.Namun berkat kegigihannya Marc pun berhasil menyalip Miller.Ya, Miller yang sedikit melebar di tikungan 5 menjadi celah untuk Marc masuk.

Namun satu lap berikutnya ganti Aleix Espargaro yang menyalip keduanya.Entah kenapa Marc dan Miller sedikit melebar secara bersamaan. Kini Alex ada di posisi tiga, sedangkan Miller dan Marc ada di belakangnya.

Pertarungan baris kedua sepertinya akan semakin seru karena Joan Mir juga datang semakin merapat ke Marc dan Miller. Terlihat race pace pembalap Suzuki ini sedikit lebih cepat dari Marc dan Miller yang ada di depannya.

Sementara itu di barisan depan Fabio mulai mendekati Bagnaia dan terus mengejejarnya. Balapan menyisakan satu lap lagi dan Bagnaia terus membalap secara defensif. Dan hingga bendera finish berkibar Bagnaia tak mampu tersentuh oleh Fabio sehingga sukses menjadi pemenang race Jerez kali ini. Yaps, lagi-lwgi pemenang yang berbeda sedari race perdana musim 2022 ini.

Selamat buat Pecco dan Ducati. Akhirnya Dall’Igna bisa kembali tersenyum. Oh ya, meski hanya finish ke-empat tapi Marquez sibuk dengan selebrasinya melempar-lempar gloves ke arah penonton 😆 Dengan kemenangan ini Bagnaia naik ke posisi lima klasemen pembalap, sementara Aprilia resmi kehilangan hak konsesinya. (mmz)

Artikel terkait:

 

 

 

 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini