Update Paket Aero Terbaru Yamaha di Mugello

Diposting pada

Motomazine.com – Dinamis, mengalir, patuh aturan namun butuh pendanaan edan-edanan. Itulah gambaran MotoGP saat ini. Terlihat pangkas sana-sini tapi sebenarnya banyak pengeluaran dari hasil riset yang terus pabrikan lakukan. Sebut saja pengembangan paket aero, hole shot device yang kini bergeser menjadi ride height adjuster, sampai printilan penyempurnaan sasis serta swingarm guna menunjang agility si motor. Yaps, beberapa bagian yang tetap bisa pabrikan lakukan karena pengembangan mesin sudah dibekukan, begitu mereka menghomologasikan di awal musim. Nah, update terbaru datangnya dari Yamaha. Iwata akan datangkan paket aero dan swingarm saat MotoGP Mugello nanti.

Sejauh ini dari empat pembalap Yamaha, hanya Fabio Quartararo lah yang mampu berikan peforma terbaik. Pembalap Perancis ini bahkan memimpin perolehan poin pembalap. Sangat bertolak belakang dengan dua rekannya, Franco Morbidelli dan Andrea Dovisiozo, sert si rookie Darryn Binder.

Melihat hal ini wajar jika Yamaha benar-benar ogah kehilangan el Diablo. Semua cara mereka lakukan. Termasuk terus melakukan update sejauh yang Yamaha bisa. Salah satunya ya ini. Akan hadirnya paket aero terbaru plus swingarm.

Maio Meregalli menyebut paketan terbaru itu nanti terdiri dari front fender aka spakbor depan. Sebagian dari sampean mungkin sudah menduga akan seperti apa bentuk paket front fender tersebut. Musim lalu baik Fabio dan Valentino Rossi sudah mencoba paket spakbor depan ini. Bentuknya lebih gede hingga menutup fork depan, sementara bagian atasnya terbuka untuk menambah aliran udara ke ban serta radiator.

Apakah bentukan spakbor ini yang akan Yamaha kasih ke Fabio? Bisa ya bisa juga tidak. Namun melihat pergerakan mereka dimana paketan spakbor ini sudah terdaftar di hak paten, besar kemungkinan spakbor inilah yang akan mereka aplikasikan.

Untuk swingarm biasanya Yamaha hadirkan swingarm yang lebih gede, termasuk juga kabar akan hadirnya disk Brembo yang lebih lebar untuk mengakomodir sirkuit-sirkuit dengan pengereman ekstrim semacam Motegi.

So kita tunggu saja update yang akan Yamaha bawa untuk M1. Setidaknya di Mugello nanti, setelah MotoGP Le Mans. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini