Pertama Nyicipin, Toprak Bilang M1 Cepat!

Diposting pada

Motomazine.com – Pembalap WorldSBK Toprak Razgatlioglu sukses nyicipin YZR-M1. Yap, seperti yang sudah tersiar sebelumnya, Lin Jarvis Managing Director Yamaha MotoGP akan berikan kesempatan untuk pembalap Turki tersebut nunggang MotoGP. dan hasilnya, kemarin, bertempat di sirkuit Aragon, Rezgatlioglu sukses bukukan beberapa lap dengan motor pacuan Quartararo tersebut. Tak ada foto atau laptime yang Yamaha rilis, tapi Razgatligoglu menyebut M1 cepat!

Berita perihal Toprak Razgatlioglu yang ngejajal M1 ini sempat masif dan banyak orang tunggu. Kaitannya tentu saja dengan gosip transfer Razgatlioglu ke MotoGP. Namun karena musim depan Yamaha hanya turun dengan 2 motor pabrikan saja maka otomatis kesempatan Toprak untuk masuk ke kancah MotoGP tertutup.

Meski begitu Toprak terkesan dan senang atas kesempatan yang Yamaha berikan untuknya.

“Ini adalah hari pertamaku mengendarai M1. Dan ini benar-benar berbeda dibanding R1. Tenaga yang lebih, elektronik berbeda dan seamless gearbox, yang kesemuanya ini benar-benar baru bagiku. Saya belajar dalam beberapa putaran, karena setelah mengendarai R1 sangatlah tidak mudah beradaptasi dengan MotoGP. Untungnya ada Cal Crutchlow yang membantuku,” tutur Toprak seperti dikutip GPOne.

Yaps, selama sesi pengujian Toprak mendapat pendampingan dari Cal Crutchlow. Crutchlow yang menjadi tester Yamaha bersama Galbusera sebagai mekaniknya berikan settingan dan penyesuaian terbaik untuk pembalap WSBK bernomor #1 ini.

“Motornya terasa bagus, terutama di trek lurus yang mana sangat cepat. Dan menarik mencoba rem karbon. Hari ini sangat panas sehingga membatasi pengetesan yang kami lakukan. Saya hanya melakukan 5 sampai 6 putaran setelah 12 putaran pengenalan untuk merasakan motor sepenuhnya. Ketika melihat di televisi kita bisa melihat sirkuit Aragon sedikit bumpy, dan sekarang saya menyadarinya. Tak buruk, kamu hanya perlu membuka gasmu karena jika kamu menutup gas laju motor jadi tak stabil,” tambah pria yang terkenal dengan aksi stoppie nya tersebut.

Yaps, sebuah pengalaman luar biasa buat Toprak Razgatlioglu. Doi berhasil mengetes YZR-M1, motor prototipe seharga puluhan milyar rupiah dan merasakan berbagai sensasi teknologi yang nemplok. Tak ada foto bodi positioning atau bagaimana saat Razgatlioglu tuck-in memeluk tangki M1, tetapi setidaknya dari foto-foto TMCBlog ini kita tahu, Toprak pakai M1 versi 2022. Terlihat dari sidepod yang nempel di fairing samping. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini