Wajib Tahu! Begini Tips Penting agar Skutik Honda-mu tetap Awet

Diposting pada

Motomazine.com – Merawat sepeda motor matic bisa dikatakan mudah-mudah sulit. Meski terlihat sederhana namun sejatinya perlakuan terhadap motor matic tak bisa begitu saja di’sorogodok’ istilahnya. Musti mematuhi perawatan berkala seperti yang direkomendasikan pabrik. Tujuannya ya itu, supaya motor Honda sampean tetep awet dan terjaga performanya.

Hari minggu yang biasanya minim dengan aktivitas begini bisa sampean gunakan untuk memeriksa kondisi motor. Untuk itu berikut mmz kasih tips buat sampean semua, 9 tips ampuh buat menjaga performa motor matic Honda tetep juosss!!!

Rutin panaskan mesin motor di pagi hari

Memanaskan motor adalah sebuah cara merawat dengan memanaskan mesin agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin itu lebih maksimal. Cara memanaskan motor matic yang baik adalah panaskan motor kurang lebih 5 menit sampai 10 menit dan sebaiknya menggunakan kick stater saja jika menggunakan stater elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi bateray dari motor tersebut.

Ganti oli secara berkala

Perawatan motor matic yang satu ini tergolong hal paling penting, untuk itu sebagai perawatan lakukan sesuai dengan jadwal pergantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1000 km dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 km. Apabila acuan kilometer untuk ganti oli lupa sebaiknya lakukan perawatan rutin ini setiap 2 sampai 3 bulan sekali dan jangan lupa juga untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic yang anda miliki.

Jangan Kehabisan Bensin

Dalam menjaga dan merawat motor matic kebiasaan buruk yang sering terjadi adalah motor matic sampai kehabisan bensin. Jangan sampai motor matic berhenti dijalan karena bensin habis  karena dapat merusak mesin motor tersebut. Terlebih pada motor matic injeksi. Untuk itu usahakan selalu motor matic jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer dan biasakankan motor berisi bahan bakar yang full untuk mengantisipasi hal tersebut.

Check kondisi vanbelt dan roler

Pentingnya akan memeriksa kondisi vanbelt merupakan hal yang tak boleh untuk ditinggalkan bagi pemilik motor matic. Kondisi vanbelt yang mempunyai bahan yang terbuat dari karet dikhawatirkan akan putus di tengah jalan yang mengakibatkan motor berhenti dan tak bisa berjalan lagi. Jika sudah menjadi keharusan untuk mengganti vanbelt tersebut sebaiknya gunakan suku cadang yang original sehingga membuat  motor matic lebih terjamin karena pasti lebih awet.

Perawatan AKI

Tak mudah untuk mengetahui kondisi aki yang berada pada motor matic, sehingga setiap pengguna motor matic mayoritas pernah motornya mengalami Mati AKI. Jika hal demikian terjadi, tentu anda akan kehilangan power dari motor selain itu juga cahaya lampu akan berkurang, dan yang paling menjengkelkan jika aki motor matic mati adalah pada saat menghidupakan motor harus menggunakan kick starter yang membuat kita terasa lebih banyak mengeluarkan tenaga. Oleh karena itu,  disarankan sebaiknya para pengguna harus mengganti AKI dalam 7 – 8 bulan setelah penggantian terakhir.

Stabilkan Kecepatan Gas

Biasanya hal ini sering dilakulan oleh pengguna motor matic, yakni ketika kecepatan motor dalam kondisi cepat secara tiba – tiba menurunkan gas begitu pun sebaliknya. Sebab, tanpa disadari hal ini akan merusak masa umur mesin. Dengan kecepatan yang kurang stabil tak hanya akan merusak mesin namun sampai juga pada vanbelt motor.

Ganti Oli Shockbreaker

Oli juga memang tak hanya terdapat pada mesin motor saja, namun oli juga terdapat pada shockbreaker. Oleh karena itu perlu adanya pergantian dengan tujuan tak lain agar kondisi shock motor tetep berfungsi secara normal. Untuk jadwal pergantian oli Shock Motor bisa diganti setiap motor mencapai 10000KM.

Servis rutin di bengkel

Perawatan pada servis berkala motor matic biasanya meliputi penggantian oli, membersihkan karburator dan seting motor. disarankan service pada bengkel resmi honda untuk menanyakan menggenai Aki apakah masih layak, Vanbelt dan roler apakah memerlukan penggantian, dari beberapa hal tersebut tentunya akan semakin baik jika penggunaan suku cadangnya pun dengan yang original. Lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali untuk menjaga performance motor matic anda.

Gunakan Bensin Berkualitas

Tips dan cara  erawat motor matic yang terakhir susah-susah gampang. Sebab, tak jarang ada saja orang orang yang menjual bensin campuran. oleh karenanya kita perlu untuk berhati- hati. Kualitas bensin sangat mempengaruhi kualitas mesin motor anda, untuk itu sebaiknya anda mengisi bensin motor pada tempat yang tepat dan dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat – tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya.

Itulah 9 tips berguna yang bisa sampean jadikan referensi buat ngerawat motor matci Honda. Semoga berguna dan lebih awet. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini