Jangan Abai, berikut Tips Penting Agar Jok Motor tetap Awet!

Diposting pada

Motomazine.com – Jok motor berfungsi sebagai tempat duduk baik bagi pengendara maupun penumpang yang diboncengi. Kenyamanan berkendara pun juga dipengaruhi oleh keberadaan jok yang perlu diperhatikan perawatannya. Mirisnya banyak dari kita yang justru abai dengan kondisi jok sepeda motor. Alih-alih membuat pengendara nyaman, yang ada justru jok yang tidak dirawat bisa menimbulkan resiko kecelakaan.

Untuk itu, Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) memberikan sejumlah poin yang terangkum dalam tips merawat jok motor:

1.Perhatikan parkir motor

Konsumen tidak hanya memanfaatkan sepeda motor sebagai alat transportasi. Namun juga harus memperhatikan beberapa poin meskipun terlihat sederhana, termasuk memarkir motor. Parkir di tempat terbuka membuat motor terkena panas serta hujan dan dapat berdampak buruk jika terjadi secara terus menerus, salah satunya bagian jok motor. Efek jok motor yang terlalu sering terkena panas dan hujan membuat jok mudah rusak seperti kaku dan robek. Selain efek dari cuaca, terdapat beberapa faktor lain yang dapat dengan mudah merusak jok motor seperti cakaran kucing, gesekan dari pengendara lain dan sebagainya. Oleh sebab itu ada baiknya untuk dapat memilih parkir yang tertutup yang tidak langsung terkena matahari. Jika tidak ada area parkir yangΒ tertutup, disarankan untuk menggunakan cover jok agar jok motor Anda tidak mudah rusak.

2.Membersihkan jok

Berbeda dengan body dan mesin motor, jok motor jangan terlalu sering dicuci dengan sabun. Karena efek dari sabun pembersih kurang baik jika terlalu sering terkena jok, dikhawatirkan jok yang sering terkena sabun pembersih akan membuat jok lebih cepat rusak atau robek. Untuk membersihkan jok, disarankan hanya mengelapnya saja dan bahan yang digunakan yaitu kain lap berbahan micro fiber dan air. Dan jika terdapat noda yang susah dihilangkan, disarankan untuk menggunakan cairan pembersih khusus yang aman terhadap kulit jok.

3.Perhatikan barang bawaan

Selain sebagai alat transportasi, fungsi sepeda motor saat ini sebagai alat angkut barang bawaan sehari-hari baik dari skala yang kecil sampai yang besar. Oleh sebab itu, berhati-hati dalam membawa barang terutama untuk yang ditaruh di atas jok. Jika barang yang dibawa kotor, basah atau memiliki sudut yang tajam pastinya sangat berbahaya bagi jok motor. Selain jok motor kotor, bisa mengakibatkan jok robek. Selain itu, berat dari bawaan perlu dipertimbangkan karena selain berbahaya bagi diri sendiri, muatan yang berlebihan dapat membahayakan pengendara lain.

Itulah 3 tips penting yang bisa sampean aplikasikan supaya jok motor tetap dalam kondisi optimal. Dengan adanya spare part yang bekerja secara optimal maka berdampak pada nyamannya kita dalam mengendarai sepeda motor. Alhasil resiko celaka pun dapat diminimalisir. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini