Penting! Begini Fungsi dan Cara Merawat Throttle Body Motor

Diposting pada

Motomazine.com – Salah satu pirnati penting yang kerap terabaikan oleh pemilik kendaraan bermotor adalah throttle body. Piranti yang berhubungan dengan kinerja dan laju udara pada ruang pembakaran sepeda motor ini acapkali luput dari perhatian. Padahal penting untuk pengendara tahu dan paham, mengenai fungsi serta perawatan pada throttle body. Seperti yang sudah mmz singgung di atas, throttle body sendiri berfungsi mengatur udara yang masuk ke ruang bakar. Komponen ini memiliki beberapa sensor yang kerjanya saling terintegrasi ke setiap bagian pada mesin motor. Oleh sebab itu, lagi-lagi penting untuk selalu merawat motor termasuk bagian pada throttle body.

Konsumen pun perlu memperhatikan poin-poin perawatan throttle body motor. Untuk itu Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) memberikan panduan berikut:

1. Cek kebersihan filter udara

Peran dari filter udara pada motor sangat signifikan terutama pada throttle body. Jika komponen ini kotor maka akan berpengaruh pada tarikan motor yang menjadi lebih berat. Tidak hanya tarikan motor yang berat tetapi berdampak pula pada konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Untuk menjaga performa motor atau bagian throttle body, lakukan perawatan rutin sesuai waktu service yang sudah direkomendasikan. Untuk tipe motor moped direkomendasikan penggantian filter udara setiap 10.000 km, untuk tipe matik setiap 15.000 km dan untuk tipe sport setiap 10.000 km. Semakin sering motor digunakan terutama saat melawati jalan yang kotor dan berdebu, semakin cepat berkurang umur filter udara yang digunakan.

2. Cek sensor-sensor pada bagian throttle body

Pada umumnya terdapat banyak sensor di throttle body namun setiap tipe motor memiliki jumlah sensor yang berbeda-beda. Contohnya sensor tekanan udara, sensor temperatur udara dan sensor bukaan gas. Sensor-sensor tersebut sebaiknya selalu rutin dilakukan pengecekan selama service berkala karena jika terdapat sensor yang bermasalah maka sebaiknya sensor tersebut dapat segera diganti.

3. Selalu service di bengkel resmi

Dengan service di bengkel resmi maka bisa dilakukan pengecekan pada motor Anda dengan menggunakan Yamaha Diagnostic Tools yang bisa mendeteksi kondisi kesehatan dari masing-masing sensor dan bagian pada throttle body.

Itulah 3 tips merawat throttle body motor yang bisa sampean terapkan secara berkala. Motor yang bersih dan terawat biasanya selalu bekerja sesuai fungsinya, yang logisnya akan berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan motor saat sampean gunakan. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini