KTM dan GasGas pakai Spoiler Model Baru, Mungkin ke Depan Hadir lagi yang Bertumpuk

Diposting pada

Motomazine.com – Pada gelaran MotoGP Portimao kemarin KTM dan GasGas memasang aero winglet terbaru pada tubuh RC16. Aero winglet terbaru ini bisa kita bilang sebagai pengembangan atas apa yang sudah diaplikasikan oleh Ducati, Aprilia dan Yamaha. Yaps, KTM memasang spoiler pada buntut RC16 besutan Jack Miller dan Brad Binder. Begitupun Pol Espargaro juga kebagian piranti ini pada buntut motor GasGas nya, sebelum doi mengalami kecelakaan dan menyebabkan pria Spanyol ini harus absen beberapa seri. Nah, melihat semakin menjamurnya spoiler pada motor-motor MotoGP ini, bisa saja ke depan akan hadir pula pengembangan spoiler jenis baru, bertumpuk mungkin? Karena sejauh ini memang tak ada pembatasan pengembangan spoiler maupun winglet pada swingarm sekalipun (cmiiw).

Melihat bentuk dari spoiler yang KTM pakai, maka ada sedikit approach berbeda dibanding Ducati. Spoiler ini lebih mirip seperti punya Aprilia dan Yamaha. Hanya saja bentuk spoiler KTM ini lebih manusiawi, jadi minim bully. Tak seperti YZR-M1 yang tetiba saja memasang spoiler segede papan talenan dan menimbulkan banyak perdebatan.

Untuk fungsi secara mendetail hingga saat ini memang belum ada kepastian resmi dari Pit Beirer dkk. Cuma berdasarkan gambar yang mmz nukil dari TMCBlog, terlihat KTM ingin memanfaatkan efek downforce saat motor menikung. Terlihat dari gambar Jack Miller di Portimao, spoiler tersebut cukup bebas menerima aliran angin. Termasuk bilah samping yang punya ukuran serupa dengan bilah yang horizontal, memungkinkan pembelahan angin yang lebih maksimal saat motor melakukan pengereman. Mirip filosofi yang dihadirkan Ducati di buntut Desmosedici GP yang lazim dengan sebutan buntut Stegosaurus.

Namun terlepas dari fungsi sebenarnya spoiler KTM ini, nyatanya performa Jack Miller cukup membuat khalayak terkejut. Pembalap asal Australia ini langsung melesat cepat bahkan pada sentuhan-sentuhan awalnya dengan RC16GP. Menarik juga nih perang aero winglet. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini