Gathering Akbar, Ratusan Biker Yamaha XMAX Seluruh Nusantara Geruduk Kota Bukit Tinggi

Diposting pada

Motomazine.com – Banyak cara yang dilakukan oleh biker Maxi Yamaha dalam menikmati aktivitas berkendara dengan sepeda motornya, salah satunya dengan menggelar kegiatan gathering dan touring. Pasalnya, kegiatan ini tidak hanya mampu menjadi ajang refreshing untuk menyalurkan hobi berkendara, namun juga menjadi momen untuk memperkuat tali persaudaraan diantara sesama member komunitas itu sendiri.

Hal tersebut seperti yang digambarkan oleh komunitas XMAX Owner Group (XOG) yang di bulan Agustus ini menggelar kegiatan XOG Tour & Gathering untuk yang ke-3 kalinya. Selain menggelar event kumpul akbar yang berlokasi di Bukittinggi, Sumatera Barat, pada Sabtu (12/8) yang melibatkan lebih dari 600 biker XMAX dari seluruh penjuru Indonesia, momen gathering itu juga dimanfaatkan sebagian peserta untuk melaksanakan kegiatan touring jarak jauh.

Mengangkat tema Touring Merdeka 2023 : Jelajah Sumatera, karena momennya yang memang berdekatan dengan perayaan hari kemerdekaan Indonesia di tanggal 17 Agustus, ratusan biker XOG asal Jawa & Bali, kompak melakukan perjalanan menjelajah pulau Sumatera sejauh lebih dari 1.500 kilometer dari Jakarta menuju Bukittinggi, Sumatera Barat, selama 4 hari perjalanan (8 – 11 Agustus).

“Event XOG Tour & Gathering ini merupakan acara yang memang setiap tahunnya kita gelar sebagai sarana untuk berkumpul dan berbagi diantara sesama biker XMAX dari seluruh pelosok negeri. Tahun ini total peserta yang hadir mencapai 680 orang dari seluruh Indonesia, bahkan ada kawan-kawan biker dari Jawa dan Bali yang sampai menggelar kegiatan Touring Merdeka menyambut event gathering akbar ini. Bukittinggi sendiri kami pilih sebagai lokasi acara, karena eksotisme yang ditawarkan oleh daerah Sumatera Barat. Sehingga banyak dari teman-teman yang request untuk bisa menggelar acara disini, lalu melakukan touring keliling daerah Sumbar sembari mempromosikan potensi wisata yang begitu besar di sini,” terang Erwin Umar, selaku Ketua Pelaksana XMAX Owner Group Biker Gathering ke-3.

Jalannya kegiatan touring menuju kota Bukittingi, diakui oleh peserta memang cukup menantang. Karena jalan yang dilewati kebanyakan melalui rute lintas selatan yang notabene menyusuri pesisir pantai serta lereng wilayah Bukit Barisan. Alhasil medan jalan yang dihadapi pun akan sangat bervariatif sehingga betul-betul menguji keterampilan berkendara dan durabilitas motor.

Namun menariknya, tantangan tersebut justru disambut dengan begitu antusias oleh para punggawa XOG. Pasalnya, selain memang hobi melakukan touring menyusuri berbagai tempat dengan pemandangan yang indah, perjalanan jarak jauh ini juga memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi lebih jauh berbagai keunggulan yang dimiliki motor. Terutama bagi para rider yang menggunakan XMAX generasi terbaru.

Seperti halnya yang diungkapkan oleh Tri kuncoro, salah seorang peserta XOG asal Jakarta yang ikut melakukan touring bersama rombongan. Selama perjalanan touring khususnya dari Lampung menuju Bengkulu yang menyisir jalur pegunungan Bukit Barisan, Tri mengaku dapat menjajal berbagai fitur pada XMAX Connected secara lebih maksimal. Seperti fitur sistem Navigasi dan TFT Infotainment Display, Y-Connect, Traction Control System (TCS), hingga kapasitas bagasi serta posisi berkendara motor yang dinilainya super rileks.

“Acara touring menuju XOG Tour & Gathering yang ke-3 ini bisa dibilang menjadi slaah satu pengalaman yang menarik untuk saya. Karena ini touring jauh pertama saya dengan XMAX generasi terbaru. Sekalian saya jajal beberapa fitur, terutama fitur Navigasi dan TFT infotainment display. Secara overall untuk akurasi, maps digitalnya sangat akurat dan untuk tampilan visualnya juga terbilang oke, gak perlu kita repot-repot keluar handphone untuk buka maps. Lalu fitur TCS juga ternyata kepake saat lewat jalan jelek yang licin di daerah Krui, Lampung. Dan yang paling saya suka dari XMAX ya tentu bagasi nya yang luas muat buat simpan tas pakaian. Selain itu posisi riding juga masih tetap nyaman sama seperti generasi sebelumnya,” jelasnya.

Selain fitur, akomodasi, dan posisi berkendara yang nyaman, performa dan handling motor juga turut mendapat apresiasi dari Tri. Karena menurutnya, selama menempuh perjalanan ribuan kilometer, kondisi mesin motor masih tetap prima dan tidak mengalami kendala sedikitpun.

“Nah soal performa, kalo menurut saya XMAX generasi baru ini tarikan bawahnya lebih responsive sih. Dan handlingnya juga lebih rigid untuk bermanuver keluar masuk tikungan. Ini saya rasakan saat sedang berakselerasi di daerah Lampung Selatan sata menyusuri jalur Bukit Barisan. Secara durabilitas juga gak usah ditanya, riding 1.500 kilometer Jakarta menuju Bukitiinggi motor aman gak ada trouble sedikit pun, paling nanti di sini (Padang) saya mau ganti oli di bengkel resmi, ” tambahnya.

Sebagai tambahan informasi, pada kegiatan XOG Bikers Gathering yang ke-3 ini CV. Tjahaja Baru selaku Main Dealer Yamaha di wilayah Sumatera Barat turut memberikan dukungan guna meramaikan jalannya acara. Dukungan tersebut, berupa door prize 1 unit XMAX Connected bagi peserta beruntung yang memenangkan undian. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini