Indikator Engine Check MIL Classy Yamaha tiba-tiba Menyala? Jangan Panik dan Gegabah

Diposting pada

Motomazine.com – Bagi sebagian kita yang baru mengendarai motor injeksi pasti langsung panik begitu melihat ada sesuatu yang berbeda dengan tampilan sepeda motor kita. Salah satunya adalah indikator engine check MIL, yang bisa saja menyala tanpa sebab tertentu. banyak yang menganggap motornya mengalami kerusakan. Namun tahukah pemirsa, jika menyalanya indikator engine check ini jutsru memberitahu penunggang sepeda motor untuk segera melakukan pengecekan pada motornya. Apalagi kalau motornya terbilang baru. Misalnya Classy Yamaha. Baik itu Yamaha Fazzio maupun Grand Filano. Jika tetiba indikator engine check menyala, pemirsa tidak udah panik atau gegabah. Asalkan motornya masih bisa distarter, nyala dan jalan, tinggal serahkan ke Bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan.

Melansir dari penjelasan Om Ilham Wahyudi, divisi teknis Yamaha STSJ di sela-sela perilisan motor-motor terbaru Yamaha, ada dua kemungkinan yang terjadi saat indikator engine check menyala. Pertama adalah indikasi ringan. Artinya sepeda motor Classy Yamaha pemirsa masih bisa menyala dan berjalan. 

Hal tersebut biasanya disebabkan oleh kurang optimalnya beberapa part pendukung sepeda motor. Misalkan saja aki (baterai) mulai tekor, sensor yang tidak terbaca ECU, kabel speedometer putus, dan masih banyak lagi lainnya.

Melansir dari carmudi.co.id, adalah Abdul Rokhim, mantan mekanik senior di salah satu bengkel resmi Yamaha mengatakan, “Banyak kemungkinan yang terjadi. Tapi kalau pas indikator check engine ini menyala terus tapi tidak mempengaruhi kinerja mesin motor, gak usah panik. Bisa jadi kabel speedometer yang putus, atau aki motor tekor.”

Pemaparan di atas adalah salah satu efek ringan yang menyebabkan indikator engine check menyala. Ada lagi efek berat yang menyebabkan sepeda motor Yamaha, dalam hal ini Classy Yamaha baik Fazzio atau Grand Filano benar-benar mogok tak mau menyala. Salah satunya tentu saja saat ECU rusak. Jika hal ini terjadi, yang pemirsa bisa lakukan adalah menghubungi layanan SKY Yamaha. 

PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) sudah memiliki banyak armada SKY yang bisa menjemput dan melakukan service sepeda motor konsumen di rumah. Sekilas tentang Service Keliling Yamaha, bagi konsumen yang ingin menikmati layanan SKY, bisa melalui aplikasi My Yamaha atau melalui CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777 – 898. 

“Seluruh dealer Surya Inti Putra (SIP) di wilayah Jawa Timur sudah siap melayani permintaan konsumen yang ingin memanfaatkan layanan ini. Namun yang perlu diperhatikan, layanan ini hanya memberikan fasilitas service motor berkala ringan saja,” ungkap Pak Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part Yamaha STSJ.

Sekadar informasi, biaya service dan spare part tidak berbeda atau sama dengan biaya service dan harga spare part di bengkel resmi. Jika jarak rumah dengan bengkel resmi Yamaha kurang dari 5 Kilometer tidak dikenakan biaya. Setelah itu, biaya layanan akan disesuaikan dengan radius dari rumah konsumen. 

So, jika indikator engine check MIL Yamaha Classy menyala, jangan panik, jangan gegabah. Segera lakukan pengecekan di bengkel resmi supaya bisa segera teratasi.

Berikut adalah kode kerusakan motor matic Yamaha saat proses diagnosa. Dari kode nomor yang dikeluarkan, bisa langsung terjawab kendala yang terjadi di motor kita.

NO

KODE

DIAGNOSA

1 12 Cranksaft Position Sensor, atau dalam motor sistem karbu sering disebut “pulser”
2 13 Intake Pressure Sensor terlepas atau terjadi hubungan arus pendek
3 14 Intake Pressure Sensor tersumbat
4 15 Throttle Position Sensor (TPS), terlepas atau terjadi hubungan arus pendek.
5 16 Throttle Position Sensor (TPS) macet
6 19 Side Stand Switch, standar samping patah atau lepas
7 22 Intake Temperature Sensor lepas atau terjadi hubungan arus pendek
8 24 O2 Sensor
9 28 Engine Temperature Sensor
10 37 ISC Valve macet pada posisi terbuka
11 39 Injector
12 42 Speed Sensor
13 44 EEPROM Error
14 46 Power Suply ke Fuel Injector
15 50 Rusaknya Memori ECU
16 61 ISC tidak bekerja.
17 79 Terlalu banyak udara masuk

sumber: carmudi.co.id

(mmz)

Artikel terkait:

  

 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini