Drainase Maksimal jadi Kunci Rangka Sepeda Motor Yamaha Aman dari Keropos

Diposting pada

Motomazine.com – Masih membahas rangka sepeda motor Yamaha. Pemirsa pasti bertanya-tanya mengapa Yamaha berani berikan jaminan garansi 5 tahun untuk rangka sepeda motor mereka, terhitung mulai 1 Oktober 2023. Mengapa Yamaha begitu berani berikan garansi tersebut? Semua tentu ada alasannya. Selain bahan baku rangka itu sendiri, ternyata Yamaha juga mengaplikasikan jalur drainase yang bagus untuk rangka sepeda motornya. Nah, sistem drainase yang bagus inilah memegang peranan penting agar rangka sepeda motor Yamaha aman dari keropos.

Sebelumnya mmz juga masih penasaran. Bagaimana air bisa masuk ke dalam rangka. Secara berdasarkan pengalalaman, saat dulu memegang Yamaha Force1 dan F1ZR, ujung rangka bagian belakangnya ditutup menggunakan karet. Hal ini jelas akan mencegah air masuk, ketika motor dicuci misalnya.

Namun setelah mengamati sesosok Yamaha Fazzio yang dilepas semua cover bodinya, ternyata ujung rangka belakangnya bolong. Artinya saat melakukan pencucian, apalagi yang suka mencuci dengan air bertekanan tinggi, maka potensi air masuk ke dalam rangka sangatlah besar.

lubang di ujung rangka Yamaha Fazzio

Yamaha sangat sadar akan hal ini hingga akhirnyaberikan solusi jitu. Saya juga baru tahu jikalau drainase pada motor Yamaha ini banyak banget. Berdasarkan keterangan yang diberikan Pak Panca, selaku divisi teknis Yamaha Madiun, rangka sepeda motor Yamaha punya total 10 lubang drainase. Jumlah yang sangat cukup untuk membuat air yang masuk ke dalam rangka bisa mengalir keluar dengan maksimal.

Selain itu Yamaha juga melakukan teknik cat celup pada rangka sepeda motornya. Dengan teknik celup ini maka bagian dalam rangka bisa terbungkus oleh cat. Efeknya sudah pasti permukaan rangka menjadi licin akibat terlapisi oleh cat. Permukaan licin inilah yang membantu air mengalir dan tidak meninggalkan bekas sehingga mencegah korosi.

Untuk rangka sepeda motor jenis sport, Yamaha bahkan melakukan spray ulang setelah pencelupan. Hasilnya rangka motor sport Yamaha jadi lebih rapi, kinclong dan yang pasti tanpa silikat. Kenapa? Sebab silikat yang tercipta saat proses pengecatan langsung tertindih oleh cat yang disemprotkan.

Hal ini juga dikuatkan dengan bedah rangka yang dilakukan PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ). Mereka mengundang awak media untuk mengamati langsung seperti apa kekuatan dan kerapian pengerjaan rangka pada sepeda motor Yamaha. Dan memang terbukti, meski tempatnya di dalam, rangka sepeda motor Yamaha terlihat halus, mengkilap dan terproteksi dengan smepurna.

So, itulah mengapa Yamaha sangat berani berikan garansi 5 tahun rangka sepeda motor mereka. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini