Bukan ala-ala, inilah Falsafah Desain Honda CB1000 Hornet yang ternyata bermesin Fireblade

Diposting pada

Motomazine.com – Honda secara resmi memperkenalkan CB1000 Hornet model 2024 yang punya tampilan agresif dan futuristic. Banyak yang mengaitkan tampilan Honda CB1000 Hornet ini dengan big bike tetangga yang terlebih dahulu rilis. Setidaknya ada dua moge yang punya tampang (baca: lampu) mirip dengan Honda CB1000 Hornet. Namun tahukah pemirsa, bahwasannya Honda punya falsafah sendiri dalam mengembangkan desain Hornet 1000 ini.

Honda Jepang mendesain CB1000 Hornet dengan falsafah dua kata: AGRESIF dan MURNI. Kesan agresif langsung terpampang dari headlamp dual LED Projector yang model dan penempatannya sengaja dibuat lebih rendah, mengesankan mata menyipit yang siap menerkam. Kesan agresif ini juga ditunjang dengan desain shroud yang kompak, serba menyudut dan menekuk ke depan. Tangkinya dibuat membesar di depan, menguatkan gambaran pundak yang lebar, namun semakin mengecil ke belakang.

Honda mendesain ulang sasis dengan model senada sub-frame dengan balutan cat yang senada, hitam. Akibatnya sasis terlihat seperti tubular, kokoh, padahal sebenarnya masih menganut model twin spar frame.

Mesin Honda Hornet 1000 MY 2024 mengusung mesin CBR1000RR Fireblade model 2017 dengan kapasitas murni 999cc 4 silinder segaris DOHC 16 klep yang mampu muntahlan power maksimal lebih dari 110 kW dan torsi lebih dari 100 Nm. Honda CB1000 Hornet mengaplikasikan Throttle by Wire dan Honda Selectable Torque Control (HSTC) juga assist/slipper clutch.

Garpu depan memakai model inverted telescopic terbalik aka upside down dari Showa berdiameter 41mm SFF-BP. Suspensi depan ini juga dapat disesuaikan untuk kompresi dan rebound nya.

Roda depan memakai ban berukuran 120/70-17 sedangkan ban belakang 180/55-17. Rem depan menggunakan cakram floating 310 mm, 4 piston radial kiri dan kanan. Rem belakang memakai model single piston disk brake 240 mm. Dashboard menggunakan layar TFT full color berukuran 5” yang menampilkan informasi lengkap termasuk konektivitas terhadap smartphone dan roadsync.

Honda CB1000 Hornet memakai lampu-lampu berpendarkan bohlam LED di semua sector. Dengan tampilan yang begini ciamik, Honda yakin CB1000 Hornet dapat dijadikan sebagai mitra riding di dalam perkotaan maupun saat harus beraktivitas touring ke luar kota.

Untuk harga, silahkan ditunggu terlebih dahulu. Pastinya bukan buat kaum mending-mending sih… (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini