Jangan Abai, Knalpot juga perlu dirawat

Diposting pada

Motomazine.com – Perawatan secara rutin merupakan kunci untuk menjaga performa kendaraan tetap maksimal. Knalpot merupakan komponen yang berfungsi sebagai saluran gas buang agar tarikan pada motor tetap maksimal. Komponen ini dirancang agar dapat meredam suara bising yang dihasilkan oleh sepeda motor. Peran knalpot juga berfungsi untuk mengurangi kadar polusi yang mengandung zat knalpot pada kendaraan. Oleh karena itu, knalpot tidak boleh luput dari perawatan agar performanya tetap maksimal.

Om Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengungkapkan “Kondisi knalpot bermasalah pasti akan mengganggu sistem pembakaran pada motor. Kalau sudah kena sistem pembakaran, akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar cenderung lebih boros. Jadi perawatan knalpot juga penting untuk diperhatikan agar tidak mengganggu kinerja komponen yang lainnya.”

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga performa knalpot adalah dengan rutin membersihkan komponen. Terlebih ketika musim hujan, bagian pada leher knalpot wajib dibersihkan dari air hujan, debu maupun lumpur. Hal ini guna menghindari knalpot mudah berkarat. Perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan cara menyiram air bersih ketika knalpot dalam keadaan dingin.

Jika terjadi kebocoran pada knalpot, segera Periksa bagian dinding knalpot yang ada pada sambungan baut. Kondisi baut pengikat yang tidak kencang dapat menyebabkan kebocoran dan akan berdampak pada komponen lainnya. Mengoleskan oli pada leher knalpot juga dapat dijadikan sebagai sebuah opsi untuk menjaga leher  knalpot dari karat. Jika sudah dioleskan, konsumen dianjurkan untuk menyalakan mesin selama dua menit agar oli  yg berlebihan bisa menguap sebelum digunakan untuk berkendara.

“Karena memiliki fungsi yang penting, jadi jangan sampai konsumen lalai dengan perawatan knalpot kendaraannya,” tambah Om Ilham.

Pemirsa dapat melakukan perawatan secara berkala di dealer resmi Yamaha. Teknisi siaga Yamaha akan dengan sigap membantu untuk mengetahui komponen yang memerlukan perawatan secara ekstra. Sehingga motor kesayangan pemirsa dapat terhindar dari berbagai masalah. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini