Penyebab Ban Motor Cepat Aus, STSJ Kasih Tips Merawat Ban supaya Awet

Diposting pada

Motomazine.com – Perawatan secara berkala merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah kondisi ban. Sebagai komponen yang berperan penting, penggunaan ban berperan untuk memindahkan putaran menjadi gerakan maju dan mempunyai kemampuan menghentikan kendaraan. Kemampuan meredam getaran ketika kendaraan menerima momen saat berjalan juga menjadi tugas utama pada komponen ban. Maka dari itu, pemilik kendaraan wajib memperhatikan kondisi ban kendaraannya.

“Permasalahan yang biasanya dihadapi oleh konsumen adalah kondisi dimana ban motor tipis atau gundul. Jika dibiarkan, kondisi ban seperti ini bisa membahayakan pengendaranya. Apalagi dihadapi dengan kondisi musim hujan dimana jalanan cenderung licin sehingga meningkatkan risiko tergelincir. Jadi sebelum bepergian pastikan ban dalam kondisi yang aman, agar berkendara lebih aman dan tidak membahayakan pengendara lainnya,” ungkap Om Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Berikut adalah beberapa faktor penyebab ban motor cepat tipis, diantaranya:

  1. Kurang tekanan angin pada ban

Apabila tekanan angin pada ban kurang atau tidak sesuai dengan standar pabrikan, permukaan ban pada tapak ban akan lebih intens bersentuhan dengan aspal. Hal ini akan mengakibatkan gesekan lebih sering terjadi dan ban pada kendaraan lebih cepat aus.

  1. Sering mengangkut beban berlebih

Ban memiliki fungsi untuk menahan beban motor, penumpang, dan pengendara. Ketika kendaraan memuat muatan melebihi dari kapasitas, gesekan antara ban dan aspal akan semakin besar. Semakin besar tekanan yang diberikan akan mempengaruhi performa pada ban.

  1. Intensitas pemakaian kendaraan yang tinggi

Kendaraan dengan intensitas pemakaian yang tinggi juga berpengaruh pada performa ban. Umumnya kondisi ban baik untuk digunakan dalam periode 1-2 tahun dalam masa pemakaian yang normal. Apabila pengendara menggunakan kendaraan dalam intensitas yang lebih tinggi, dianjurkan untuk lebih memperhatikan kondisi ban kendaraannya.

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab ban kendaraan cepat tipis, dianjurkan agar menghindari hal-hal tersebut. Bagi pengendara yang ingin melakukan penggantian ban motor ASLI Yamaha dapat dilakukan melalui dealer resmi Yamaha terdekat. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini