Tips: Jangan asal Tembas-tembus, Ban kalau Kelamaan juga Bahaya!

Diposting pada

Motomazine.com – Jangan asal tembas tembus, ban kalau kelamaan juga bahaya! Layaknya makanan, ban motor juga memiliki masa kadaluarsa. Setiap ban motor memiliki masa kadaluarsa yang berbeda-beda. Kondisi ban yang kadaluarsa aku mempengaruhi kualitas karet pada ban sehingga performa tidak maksimal. Masih banyak pengendara yang mengabaikan dan tetap menggunakan ban yang sudah kadaluarsa. Oleh karena itu, pemilik kendaraan wajib melakukan pemeriksaan kode produksi ban yang ada pada sisi dinding ban motor.

β€œPerforma ban yang tidak optimal tentu akan mengganggu perjalanan pengendara. Seperti tekanan udara pada ban tidak optimal serta pengereman juga jadi tidak maksimal. Mengingat ban merupakan salah satu komponen yang menunjang keselamatan dalam berkendara. Kondisi ban yang sudah terlalu lama disimpan dan tidak digunakan juga tidak direkomendasikan karena mengingat performa karet pada ban tentu akan menurun,” ungkap om Dwi Suwanto, Instruktur Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Kode produksi pada ban menandakan kapan ban tersebut diproduksi. Digit pertama merupakan kode minggu ketika ban di produksi. Sedangkan digit kedua merupakan kode tahun ketika ban diproduksi. Pastikan pengendara melakukan pengecekan kode produksi ban sebelum membeli ban motor yang baru.

Selain itu, untuk menjaga keselamatan pengendara sekaligus menjaga performa ban motor ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan. Seperti rutin membersihkan ban menggunakan air dan sabun. Serta Periksa keausan atau keretakan pada permukaanya. Jika terdapat keretakan atau keausan segera ganti ban dengan ban yang baru.

Pastikan tekanan udara dalam ban sesuai dengan anjuran dari pabrikan. Periksa tekanan udara secara berkala. Tekanan udara yang tidak sesuai tentu berpengaruh pada performa kendaraan. Selain itu, konsumen juga bisa melakukan di dealer resmi yang sudah terjamin kualitas dan keamanannya.

Pembelian ban ASLI milik Yamaha juga dapat dilakukan melalui platform E-Commerce seperti Tokopedia, Blibli.com, and Bukalapak. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini